Rumah Renteng Solo Dibangun Awal 2019

rumah renteng
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Pemertintah Kota Solo akan membangun rumah renteng dengan kapasitas 51 unit pada awal tahun depan untuk mengurangi tingginya antrean pengajuan kebutuhan rumah susun sewa (Rusunawa) di wilayah ini.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan hunian bertingkat itu dibangun untuk mengurangi banyaknya antrean penghuni rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Dia menuturkan di wilayah ini ratusan keluarga tidak mampu dan belum memiliki tempat tinggal yang antre sebagai penghuni rusunawa.

Menurut dia tingginya minat warga menempati rusunawa tak berbanding lurus dengan pembangunan rusunawa, sehingga rumah renteng ini diharapkan dapat menjadi solusi.

“Calon penghuni ini belum bisa kami tampung karena keterbatasan jumlah satuan unit ruangan yang dibangun di satu rusunawa,” kata Ridy seperti dikutip dari Solopos, Minggu (9/12).

Dia menuturkan, Pemkot mengupayakan pembangunan rumah renteng agar daftar antrean bisa berkurang. Saat ini detail engineering design (DED) atau bestek rumah renteng tersebut tengah dimatangkan Pemkot. Rumah renteng tersebut akan dibangun 2019.

Lebih lanjut Rudy menjelaskan rumah renteng akan dibangun lima lantai, yakni lantai basement disiapkan untuk parkir dan ruang publik. Sama seperti rusunawa, rumah renteng disiapkan Pemkot dengan sistem sewa.

Retribusi pemanfaatan rumah sewa diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 5/2016 tentang perubahan atas Perda No. 9/2011 tentang Retribusi Daerah. Dalam perda, retribusi dibedakan berdasarkan lantai. Penghuni lantai dasar dan lantai I Rusunawa dikenai retribusi Rp100.000 per bulan di luar biaya listrik dan air. Lalu, lantai II hingga IV masing-masing Rp90.000, Rp80.000, dan Rp70.000 per bulan. Belum ada aturan khusus untuk mengakomodasi perbedaan luas kamar berikut fasilitas di dalamnya.

Baca juga: DPRD Jateng Legislatif Pertama Penerima Penghargaan KPK

“Nanti rumah renteng akan kami bangun masing-masing unit berukuran 30 m2,” kata Rudy.

Konsep lainnya, ujar Rudy, kamar mandi rumah renteng tidak ada di dalam ruangan, tetapi dibuatkan beberapa unit di tiap lantai. Dengan demikian masing-masing ruangan relatif lebih sehat dan tetap terawat. Berbeda dengan rusunawa yang kini tengah dibangun pemerintah pusat dengan dilengkapi mebel, Pemkot nantinya tidak menyediakan fasilitas serupa di rumah renteng Jagalan.

“Nanti aturan pemakaian tetap dibatasi sehingga penghuni tidak selamanya tinggal di sana. Sama seperti aturan menghuni rusunawa,” kata Rudy.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Saryanto menerangkan rumah renteng itu rencananya dibangun di tanah Pemkot seluas 1.500 m2. Total kamar yang disediakan berjumlah 51 unit, di mana masing-masing kamar juga dilengkapi air bersih dan listrik 900 Watt.

“DED akan diselesaikan hingga akhir tahun. Kemungkinan tahapan pembangunan dimulai tahun depan,” papar Saryanto.

Berdasarkan prediksi awal, pendirian rumah renteng itu menelan anggaran sekitar Rp5 miliar. Pembangunannya membutuhkan waktu minimal enam bulan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*