Pemerintah Jepara Gelontorkan Rp31 Miliar Untuk Percantik Pantai

Mari berbagi

JoSS, JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara berkomitmen terus mendorong industri pariwisata di wilayah ini, dengan memperbaiki objek wisata pantai yang menjadi andalan. tak tanggung-tanggung dana yang digelontorkan mencapai Rp31 miliar.

Dana tersebut untuk memperbaiki objek wisata di Pantai bandengan dan Pantai Kartini Jepara. Hal itu dilakukan untuk menarik wisatawan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara bakal menata sejumlah destinasi wisata di Jepara, termasuk wisata pantai seperti Pantai Bandengan dan Pantai Kartini dengan anggaran Rp 31 miliar.

Dari jumlah itu anggaran terbesar, Rp 15 miliar untuk penataan Pantai Bandengan. Secara umum penataan wisata pantai berupa perbaikan sarana dan menambah sejumlah fasilitas tersebut rampung beberapa hari lagi.

Sekretaris Disparbud Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza menjelaskan, penataan objek wisata di Kabupaten Jepara menelan anggaran Rp 31 miliar bersumber dari APBD, dana alokasi khusus (DAK), dan bantuan provinsi (Banprov).

Anggaran itu digunakan untuk penataan di sejumlah lokasi wisata seperti Pantai Bandengan, Pantai Kartini dan Museum Kartini. Anggaran terbanyak digelontorkan di Pantai Bandengan.

“Anggaran tersebut hanya untuk penataan fisik saja,” tutur Zamroni seperti dirilis SMNetwork.com.

Baca jugaAS Gugat Facebook Terkait Perannya Dalam Skandal Cambridge Analytica

Anggaran sebesar Rp 15 miliar digelontorkan khusus untuk penataan objek wisata Pantai Bandengan. Jumlah ini menjadi yang terbanyak dibandingkan anggaran yang dialokasikan di destinasi wisata lainnya.

Di Pantai Bandengan, anggaran sebanyak itu untuk penataan kios, taman, wahana permainan, gedung pertemuan, dan pedestrian. Saat ini, pekerjaan penataan sudah dalam tahap penataan keramik dan pengecetan.

‘’Semua sudah rampung, tinggal tahap akhir saja. Perkiraannya pengerjaan tinggal beberapa hari saja. Memasang keramik dan mengecat. Saat libur natal dan akhir tahun semua sudah selesai dan siap menerima wisatawan,’’ katanya.

Pantauan di Pantai Bandengan, pengerjaan di sejumlah lokasi tinggal menyisakan tahap akhir. Belasan bekerja nampak melakukan penetaan taman dan pedestrian.

Beberapa pekerja mengecat dan sebagian lainnya memasang keramik. Untuk pembangunan kios dan gedung pertemuan, pembangunannya sudah selesai.

Sementara itu, Manajer Objek Wisata Pantai Kartini, Joko Wahyu Sutedjo mengatakan penataan secara keseluruan di Pantai Kartini kemungkinan rampung pekan depan. Sebab penataan di titik utama, yakni koos dan kolam kecek sudah rampung.

‘’Hanya penataan panggung hiburan masih belum selesai. Minggu depan sudah selesai,’’ kata imbuh Joko. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*