Menhub Gagas Bus Trans Java di Tol Trans Jawa

Trans java
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, CIREBON Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan agar dibentuk bus “trans java” yang dapat beroperasi di sepanjang jalur Tol Trans Jawa. Keberadaan bus itu diharapkan dapat menekan penggunaaan mobil pribadi saat bepergian.

Budi menambahkan, pihaknya tengah mengusulkan kepada pimpinan Jasa Marga untuk bisa merintis kerja sama dengan Damri untuk merealisasikan gagasan ini.

Dia menjelaskan bahwa satu bus ini bisa mengangkut 40 atau 50 orang, dan diharapkan mengurangi ego serta kecenderungan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian.

“Kita sedang menggagas ‘trans java’berupa bus-bus yang lux, bisa saja kerjasama dengan Jasa Marga dengan satu badan. Satu bus bisa angkut sekitar 50 orang,” ujar Menhub di Rest Area Km207A Tol Palikanci, Cirebon, Sabtu (29/12).

Menhub Budi sendiri mengatakan bahwa dirinya akan menjadi penumpang pertama ketika bus ‘trans java’ terbentuk dengan rute Jakarta-Surabaya.

Usulan tersebut disampaikan Menhub saat dirinya menyampaikan pidatonya di hadapan para Milenial Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga.

Dalam kesempata tersebut Menhub juga meninjau langsung Rest Area Kilometer 207A Tol Palikanci, sekaligus memperkenalkan dan membagikan buku “Peta Kuliner Trans Jawa” kepada pengguna jalan tol yang singgah di Rest Area itu.

Baca juga: Ternyata Abu Vulkanik Bisa Untuk Masker Kecantikan

Selain meninjau Rest Area, Menhub juga melakukan pemeriksaan kelaikan bus di Terminal Kota Tegal, Jawa Tengah dan sempat beristirahat serta mencicipi kuliner sate Batibul di kota tersebut.

Budi menilai Tol Trans-Jawa memberikan solusi dalam mengatasi kemacetan, kehadiran Tol Trans-Jawa juga membuat waktu tempuh perjalanan menjadi lebih pendek, seperti Jakarta-Semarang yang tadinya delapan jam saat ini bisa ditempuh mungkin hanya lima jam.

“Satu kebahagiaan yang saya alami adalah tidak ada macet dalam liburan ini, artinya memang jalan tol Jakarta-Surabaya ini memberikan solusi, sangat membantu,” katanya, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Menhub Budi melakukan peninjauan langsung ke tempt peristirahatan (rest area) jalan tol dalam rangka untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas selama musim liburan Tahun Baru.

Selama kegiatan tersebut Menhub juga berinteraksi dengan para pengguna jalan tol yang singgah di Rest Area Km207A Tol Palikanci, Cirebon.

Menhub juga memperkenalkan sekaligus membagikan buku “Peta Kuliner Trans Jawa” yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub kepada para pengguna jalan tol.

Saat melakukan peninjauan ke Rest Area Km207A, Menhub didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dan sejumlah pejabat penting lainnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*