Lima Tips Mengatasi Susah Tidur

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Normalnya seseorang harus tertidur setelah 10-20 menit berbaring di tempat tidur. Tapi ada kalanya seseorang tak juga bisa tidur setelah berjam-jam setelah berbaring.

Hal ini akan sangat menyedihkan, dan bahkan sangat berpotensi membuat kondisi kesehatan Anda dan diikuti penurunan produktivitas.

Biasanya orang melakukan beberapa hal untuk bisa tertidur cepat. Misalnya, berhenti memainkan ponsel sebelum tidur atau menghitung angka.

Tapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa gangguan tidur juga bisa muncul karena faktor psikologi. Berikut ini adalah cara-cara mengatasi kesulitan tidur dari segi kesehatan mental seperti dirilis Tribunnews.com.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mengalami susah tidur adalah jangan sampai merasakan takut atau bahkan cemas.

Seorang perempuan biasanya memiliki kekhawatiran yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan kecemasan yang membuat Anda sulit lelap.

Untuk menghindari gangguan tidur karena faktor psikologi, cobalah untuk tidak merasa takut dan cemas saat Anda sudah berbaring di tempat tidur.

Yakinkan pada diri Anda kalau semua akan baik-baik saja dan kekhawatiran Anda tidak akan menjadi kenyataan.

Baca jugaKebanyakan Tidur Bikin Cepat Meninggal?

2. Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah mencoba memenuhi pikiran Anda dengan pikiran-pikiran positif.

Cobalah membayangkan hal-hal menyenangkan.

Misal, Anda sedang liburan ke pantai dan bermain pasir dengan si kecil.

Bayangkan hal-hal menyenangkan yang bisa membuat semua otot-otot tubuh Anda merasa rileks.

3. Hal ketiga yang harus Anda lakukan apabila tidak kunjung lelap adalah melakukan latihan pernapasan. Latihan pernapasan merupakan bentuk meditasi yang mudah dilakukan sebelum tidur agar tubuh merasa tenang.

Cobalah untuk menghitung sambil mengatur pernapasan sampai

4. Hal keempat yang harus Anda lakukan adalah menyelesaikan isu yang membebani pikiran Anda.

Apabila Anda punya masalah dengan pasangan dan ragu-ragu untuk membicarakannya, maka cobalah untuk menyelesaikan hal itu.

Dan jika yang membuat Anda susah tidur adalah karena faktor kesehatan fisik, cobalah untuk mengobatinya dengan saran yang telah diberikan oleh dokter.

Misal, Anda mengalami sakit punggung. Turutilah saran dokter untuk minum obat pereda nyeri atau posisikan punggung Anda yang sakit dalam posisi senyaman mungkin.

5. Hal terakhir yang bisa Anda coba adalah beranjak dari tempat tidur. Setelah itu, cobalah lakukan olahraga ringan untuk membuang semua pikiran dan energi negatif.

Namun, hindarilah memeriksa ponsel atau menonton televisi. Anda bisa pergi ke ruang tengah atau ke kamar lain untuk membaca buku atau majalah untuk membantu menenangkan pikiran.

Nah, itulah cara-cara mengatasi susah tidur dari segi psikologis. (Wiek/lna) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*