Ini Bahayanya Gunakan Minyak Goreng Berulang

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Menggunakan minyak goreng secara berulang adalah aktivitas biasa dilakukan kaum ibu rumah tangga saat memasak. Apalagi di kalangan pedagang kaki lima, merupakan hal lumrah.

Namun siapa sangka kebiasaan ini sama saja mengundang bahaya bagi masyarakat ?

“Banyak orang Indonesia melakukannya karena tidak mengerti dan mau irit, sayang minyaknya dibuang,” kata sport nutritionis sekaligus disease prevention Emilia Elfiranti Achmadi pada sesi wawancara khusus bersama Bertolli di Plaza Senayan, Jakarta, belum lama ini.

“Padahal, lebih sayang mana uang untuk beli minyak baru atau untuk mengobati sakit karena dampak menggunakan minyak berulang?,” sambungnya seperti dirilis Kompas.com.

Emilia menjelaskan gugus asam lemak dalam minyak goreng menyerupai kalung mutiara dengan ikatan antargugus yang bisa diputuskan oleh panas.

Semakin sering dilakukan pemanasan, gugus kimia yang awalnya panjang bisa menjadi rusak dan sifatnya bisa berubah.

“Yang tadinya anti-inflamasi bisa jadi inflamator. Titik asap juga semakin rendah sehingga ketika dipanaskan lagi keluar asap, ada efek pembentukan karsinogen,” jelas dia.

Adapun karsinogen sendiri merupakan zat penyebab kanker yang bisa merusak sel-sel normal sehingga berubah menjadi sel kanker.

Baca jugaSatpol PP Dituding Diskriminatif, Ini Jawaban Walikota Semarang

Dan kandungan nutrisi yang terkandung dalam minyak goreng juga akan terus menerus hilang ketika digunakan berulang.

Cara mudah membuktikannya, lanjut Emilia, datangi salah satu pedagang kaki lima yang menggunakan minyak goreng berulang. Bandingkan hasil makanan yang digoreng di tempat tersebut dengan di rumah saat menggunakan minyak baru.

“Di rumah setelah makan gorengan itu sepertinya oke-oke saja tapi setelah makan di warung bisa batuk langsung. Karena inflamasinya sudah terjadi. Tenggorokan saja sudah kena,” tuturnya.

Emilia menganjurkan pemakaian minyak tak lebih dari tiga kali. Namun, hal itu juga bergantung pada frekuensi pemanasannya.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghemat minyak goreng. Pertama, tidak menggunakan teknik deep frying ketika menggoreng makanan. Gunakan minyak secukupnya pada penggorengan datar.

Cara tersebut memang membuat sesi menggoreng sedikit lebih lama, terutama ketika ingin membuat gorengan dengan jumlah banyak. Namun dinilai lebih sehat.

Cara lainnya adalah tidak terlalu sering menggoreng.

“Tidak ada trik yang lebih efektif kecuali jangan deep frying terlalu sering. Deep frying pindahkan ke pan frying. Atau ganti ke roasting, ke grilling. Jadi mengolah makanan juga lebih bervariasi,” imbuh Emilia. (Wiek/Joy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*