Dokter Online Layani 1.000 Konsultasi/bulan

dokter online
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Upaya Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam menghadirkan dokter yang tak terbatas waktu dan tempat mulai menuai hasil. Sedikitnya dalam sebulan ada 1.000 konsultasi dokter (Konter) secara online dilayani baik melalui pesan singkat (chat) atau telepon.

Kepala Dinkes Kota Semarang Dokter Widoyono menyebutkan konsultasi melalui “chat” dari kurun Januari-Desember 2018 sebanyak 11.941 laporan, sementara konsultasi lewat sambungan telepon ada 113 laporan.

“Untuk layanan Konter, rata-rata ada 1.000 laporan (konsultasi, red.) dalam setiap bulannya,” katanya, Jumat (7/12) seperti dikutip dari Antara.

Dia menambahkan, sejak diluncurkan pada Desember 2017, diakuinya, respons masyarakat terhadap layanan Konter sangat positif, apalagi layanan tersebut gratis dan dilayani nonstop selama 24 jam.

“Bahkan, bukan hanya warga Semarang saja, dari luar kota juga ikut mengakses layanan kesehatan ini, seperti dari Demak, Brebes, Kendal, sampai Jawa Barat dan Jawa Timur,” katanya.

Layanan Konter, kata dia, ditangani oleh 10 tenaga medis yang dibagi dalam tiga “shift”, yakni pagi, siang, dan malam sehingga bisa secara bergantian melayani konsultasi.

“Umumnya, menanyakan keluhan sakit, macam-macam keluhan penyakit. Saya pusing obatnya apa, periksa di dokter mana, praktiknya di mana, jam berapa praktiknya,” katanya.

Baca juga: PDAM Siap Pasok Air Bersih untuk NYIA

Namun, kata Widoyono, sebenarnya ada 12 jenis layanan yang bisa dimanfaatkan dari layanan Konter, seperti konsultasi penyakit, panduan rumah sakit, panduan puskesmas, informasi praktik dokter.

Kemudian, informasi klinik kesehatan, informasi laboratorium klinik, informasi apotik, informasi tarif layanan kesehatan, BPJS, Universal Coverage Health (UHC), hingga tips kesehatan.

Layanan Konter bisa diakses lewat ponsel pintar, bisa melalui aplikasi WhatsApp di Nomor 0811-2900-132, atau bisa juga dengan menelepon langsung ke nomor 1500-132.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi langkah Dinkes yang terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Apalagi, kata Hendi, sapaan akrab orang nomor satu di Kota Semarang itu, sektor kesehatan sangat penting karena memerlukan kecepatan penanganan dan pelayanan.

“Sesuai dengan semangat pembangunan Semarang Smart City, seluruh pelayanan penting bisa diakses cukup dalam satu genggaman tangan,” kata politikus PDI Perjuangan itu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*