Bush Senior  Dimakamkan Di Perpustakaan Kepresidenan Texas Kamis 

presiden
Mantan Presiden Amerika Serikat, George HW Bush | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Jenazah  mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush akan dimakamkan di Perpustakaan Kepresidenan George Bush di College Station, Texas Kamis, (6/12) di sebelah pusara istri dan putrinya.

Mendiang Bush Senior tiba di Washington untuk disemayamkan di kompleks kantor Kongres, Gedung Capitol, selama tiga hari sejak Senin (3/12) hingga Rabu (5/12) sebagai bentuk penghargaan sebagai mantan kepala negara.

Jenazah yang dibawa menggunakan peti berlapis bendera AS itu tiba di ruang Rotunda pada Senin sore. Para anggota kabinet Bush menyambut dengan meletakkan tangan di dada, tanda hormat pada sang presiden ke-41 itu.

Presiden  Amerika Serikat Donald Trump bersama sang istri,  Melania memberikan penghormatan terakhir  dalam kunjungan singkat ke ruang Rotunda di Capitol, di mana jasad Bush disemayamkan.

Mengenakan setelan serba hitam, Trump dan Melania berdiri di depan peti berlapis bendera AS yang diletakkan tepat di tengah rotunda. Keduanya tak memberikan pidato dalam penghormatan tersebut.

Baca jugaPagi Ini NH Dini Dikremasi di Ambarawa

Para warga juga mengantre di Gedung Capitol untuk ikut memberikan penghormatan terakhir kepada Bush yang meninggal di usia 94 tahun pada Jumat lalu, tujuh bulan setelah sang istri mengembuskan nafas terakhir.

Sebagai pembicara pertama dalam prosesi penghormatan tersebut, pemimpin mayoritas Senat, Mitch McConnel, menyebut Bush sebagai “pelayan masyarakat yang rendah hati” dan “pemimpin berprinsip.”

“Ia membawa kita ke atas dan menantang kita untuk terbang lebih tinggi. Dia melakukan itu dengan kesederhanaan dan kebaikan yang sangat mengejutkan bagi orang setangguh dan seberhasil dia,” ujar McConnel seperti dilansir Reuters.

Setelah disemayamkan di Capitol, jasad Bush akan dibawa ke Katedral Nasional di Washington untuk upacara pemakaman kenegaraan. Upacara ini menjadi yang pertama digelar sejak kematian mantan Presiden Gerald Ford pada 2006 lalu.

Setelah itu, peti Bush akan kembali diterbangkan ke Houston, di mana jasadnya akan dibaringkan di gereja tempat keluarganya berbakti, St Martin’s Episcopal Church, hingga upacara perpisahan formal pada Kamis mendatang sekitar pukul 17.00 GMT Perpustakaan Kepresidenan George Bush di College Station, Texas Kamis, (6/12) .

Ia akan dimakamkan di samping istrinya, Barbara, dan putri mereka, Robin, yang meninggal akibat leukimia saat masih berusia tiga tahun.

Mantan Perdana Menteri Kanada, Brian Mulroney, bahkan memastikan bahwa ia akan menyampaikan pidato perpisahan atas permintaan Bush. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*