452 PKL Barito Masih Bertahan DI Bantaran Sungai BKT

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Sebanyak 452 Pedagang Kaki Lima (PKL) Barito di Kelurahan Karangtempel masih bertahan di bantaran sungai Banjir Kanal Timur (BKT). Padahal proyek normalisasi ditargetkan selesai akhir Desember 2018 ini.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto menyatakan, pihaknya merencanakan proses relokasi secara simultan para PKL Barito Karangtempel.

Yaitu bagi PKL yang kiosnya sudah selesai dibangun agar bisa segera pindah ke tempat relokasi yaitu di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

“Para PKL inginnya pindah ke lokasi yang sudah siap, baik kios, listrik maupun akses jalan. Minimal pengaslpalan atau beton. Tapi itu butuh proses penganggaran dan lelang. Persoalannya kan BBWS ditarget Desember selesai,” kataynya kepada JoSS.co.id di Semarang, Kamis (27/12).

Terkait permintaan para PKL, Fajar mengatakan sudah berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan akan segera dilakukan pengecekan terkait pembangunan akses jalan masuk lokasi pasar relokasi.

Penanganan relokasi PKL Barito, lanjutnya tidak bisa dilakukan hanya satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja, tetapi sinergitas beberapa pihak, termasuk dengan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang dalam hal pengadaan air.

Di sisi lain, perwakilan Paguyuban PKL Karya Mandiri Sugiyanto menuturkan, para PKL akan pindah dengan sendirinya jika infrastruktur jalan, drainase, listrik dan air sudah ada. Saat ini, kondisi pasar relokasi tidak dapat dilalui kendaraan karena masih berupa tanah urukan.

“Kalau jalan sudah jadi maka secepatnya kita pindahkan. Akses masuk itu penting. Lihat sendiri jalannya sering banjir. Apalagi listrik, untuk ngebor dan lainnya butuh listrik,” katanya.

Ia berharap, Dinas Perdagangan maupun Satpol PP Kota Semarang tidak mengejar-ngejar PKL untuk segera pindah, untuk mengikuti percepatan normalisasi Sungai BKT. Selama ini, katanya, PKL telah berkorban dengan membangun kios secara swadaya dengan dana pribadi.

Baca jugaSatgas Antimafia Bola Tangkap Ketua Asprov PSSI Jateng

Ketua Paguyuban PKL Karya Mandiri Karangtempel, Rahmat Yulianto menyampaikan, 452 PKL anggota paguyuban sebenarnya berkomitmen mau direlokasi dari Jalan Barito yang sudah puluhan tahun menjadi tempat berjualan.

“Kami sepakat membuat lapak secara mandiri, tapi harus diimbangi pembangunan infrastruktur dari pemkot berupa jalan, drainase, air dan listrik. Sehingga Desember ini bisa pindah. Namun sampai kini belum bisa ditempati karena jalan belum dibangun,” katanya.

Ia mengukapkan, Pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang sebenarnya sudah mulai melakukan pembangunan jalan akses masuk pasar relokasi.

Akan tetapi hanya 40 persen saja. Hingga kini, pembangunan jalan tersebut terhenti tidak dilanjutkan lagi.

Ia menyebutkan, sekitar 10.000 orang menggantungkan hidup dari pasar tersebut. Jumlah tersebut dihitung dari total PKL yang mempunyai tanggungan istri dan anak.

Ia berharap, Pemkot Semarang segera membangun berbagai infrastruktur sebagaimana yang dijanjikan ketika proses boyongan, akhir November lalu.

“Proses pembangunan kios sudah hampir selesai. Kami sudah sepakat tidak akan pindah sebelum infrastruktur itu dipenuhi,” tegasnya. (gus/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*