Wisatawan Inggris ke Bali Meningkat Garuda Kembali Aktifkan Rute Jakarta-London-Bali

Garuda
Garuda Indonesia | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, DENPASAR BALI – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan menghidupkan kembali rute enerbangan Jakarta-London dengan singgah di Singapura dan kemudian dari London langsung menuju Denpasar, Bali, yang rencananya dilaksanakan mulai 15 November 2018.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra saat melaksanakan “Tirta Yatra” dan Dharma Wacana Garuda Indonesia Group di Denpasar, Sabtu (10/11).

Dia mengatakan maskapai Garuda Indonesia akan kembali membuka rute Jakarta-London dan London-Denpasar. Rute ini rencananya akan berlaku pada pertengahan November 2018.

“Kami hidupkan lagi karena saya lihat pasar sudah tumbuh tetapi ‘structure cost’ yang kami tinjau,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, peninjauan ulang “structure cost” itu dilakukan dengan cara mengganti armada yang digunakan sebelumnya dari jenis Boeing 777 menjadi Airbus 330-300.

Dia melanjutkan dengan armada sebelumnya, selain membutuhkan biaya yang mahal, tingkat keterisian muatan penuh atau “full payload” di Bandara Soekarno-Hatta juga tidak maksimal.

Sebelumnya maskapai pelat merah itu menutup rute langsung Jakarta-London pada akhir Oktober 2018 karena memberikan kerugian akibat jumlah penumpang yang rendah.

Baca jugaMelirik Jalur Jalan Rel Semarang-Yogyakarta

“Untuk ‘payload’ keterisiannya terhadap penumpang itu tidak besar hanya mungkin 60-70 persen,” lanjut pemimpin maskapai nasional dari Bali itu.

Pihaknya juga sekaligus melihat pasar wisatawan dari Inggris yang terus bertumbuh sehingga maskapai penerbangan BUMN itu mengalihkan rute dari London menuju Denpasar.

Badan Pusat Statistik (BPS) Bali mencatat wisatawan dari Inggris menduduki posisi keempat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Pulau Dewata setelah China, Australia dan India.

Inggris menguasai porsi 4,5 persen dari total jumlah kunjungan wisman di Bali periode Januari-September 2018 yang mencapai 4,64 juta orang.

Dia menambahkan selama periode Januari-September 2018 jumlah wisatawan dari Inggris mencapai 210.262 orang atau tumbuh 9,3% jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

“BPS mencatat wisatawan asal Inggris menempati peringkat keempat yang paling banyak berkunjung ke Bali setelah China, Australia, dan India. Wisatawan Inggris menguasai 4,5 persen dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali pada Januari-September 2018,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*