RSUD Jogja Terancam Kolaps Dampak Sistem Rujukan BPJS Kesehatan

RSUD Jogja
Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Jogja | Foto: google plus adiputra fauzi
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Jogja mengaku kolaps dan kemungkinan cuma bertahan sampai tiga bulan ke depan lantaran sistem rujukan online dan berjenjang untuk setiap rumah sakit yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan dinilai perlu dievaluasi.

Direktur RSUD Jogja Agus Sudrajat mengatakan selain mengganggu layanan peserta, system tersebut juga mengganggu keuangan rumah sakit.

“Pendapatan kami setiap bulan turun sekitar Rp3 miliar. Ini karena sejak sistem diubah, jumlah pasien turun 60%. Kalau mengandalkan klaim BPJS Kesehatan tidak bisa karena baru dibayar dua hingga tiga bulan. Lalu kami bayar pegawai pakai apa?,” katanya Kamis (22/11) seperti dirilis HarianJogja.com.

Menurutnya, penerapan sistem tersebut hanya bisa dilakukan untuk RS yang cash flow sudah mapan. Kondisi tersebut dinilai tidak cocok dengan RS Jogja yang memiliki 300 pegawai. Terbukti, sejak sistem tersebut diterapkan cash flow RS terganggu.

“Jika sistem tersebut tidak diubah, kami menghitung hanya mampu bertahan hingga tiga bulan ke depan. Tiga bulan ke depan masih aman,” jawabnya.

Agus menambahkan, sistem rujukan online mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan. Pelayanan kesehatan dilaksanakan secara berjenjang disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

“Mulai layanan kesehatan primary, sekunder hingga tersier. Mulai Puskesmas, RS tipe D, C, B hingga A,” katanya.

Baca juga: Bulog dan Pemprov Jateng Sepakati Operasi Pasar Gaya Baru

Padahal, menurut dia masing-masing rumah sakit (RS) mulai tipe D, C, B dan A tersebut mempunyai spesialis dasar. Kalau pasien BPJS di RS tipe D belum sampai melayani 80% peserta BPJS, maka akses ke atasnya belum bisa dibuka.

Dia menilai kondisi tersebut bakal menimbulkan persoalan, baik bagi pasien sendiri maupun bagi fasilitas kesehatan khususnya RS Jogja.

Lebih lanjut Agus mencontohkan, dengan sistem tersebut warga Umbulharjo dikirim ke luar kota seperti Maguwoharjo untuk mengakses layanan. Kondisi tersebut dinilai menyulitkan peserta karena harus memutar lebih jauh.

“Kasihan kalau ke sana, iya kalau punya akses kendaraan kalau tidak pakai apa? Kami minta rujukan dilakukan dalam konteks wilayah. Warga Jogja sudah membayar iuran ke BPJS Kesehatan, jangan diputar-putar kasihan,” kata Agus.

Selain itu, sejak sistem berjenjang itu diterapkan, ada RS tipe D yang memberikan pelayanan sampai jam 01.00 dini hari. Kondisi tersebut dinilai tidak manusiawi.

Padahal di RS tipe C dan B yang kosong. Akibat sistem tersebut, ada penurunan jumlah layanan pasien antara 60-70%.

“RS swasta saat ini membludak sementara peralatan yang kami sediakan dan SDM yang disiapkan menjadi sia-sia, tidak digunakan. Sistem rujukan Online harus dievaluasi,” katanya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*