COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

128.776

130.718

1%

Kasus Baru

1.693

1.942

15%

Update: 12 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Rekonsiliasi Data Seleksi CPNS Rampung Pekan Ini, SKB Bakal Dilakukan Awal Desember

SKB
Ilustrasi | Foto: berbagai sumber
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA — Badan Kepegawaian Negara (BKN) menargetkan akan merampungkan proses rekonsiliasi data hasil Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) tahun 2018 pada pekan ini. Sehingga diharapkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) diselenggarakan awal Desember.

Dalam pernyataan resmi BKN pada Senin (26/11) mencatat  hingga Sabtu 24 November 2018, rekonsiliasi hasil SKD dari 36 Kementerian/Lembaga (K/L) dan 381 instansi telah dirampungkan.

Pada Rapat Rekonsiliasi Data Hasil SKD CPNS 2018 akhir pekan lalu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana meminta proses rekonsiliasi data antara Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 dan Panitia Seleksi Instansi harus segera dirampungkan.

“Saya harapkan rampung dalam 3-4 hari ke depan. Setelahnya segera umumkan hasil SKD dan proses SKB [Seleksi Kompetensi Bidang] segera dilaksanakan, maksimal awal Desembar,” kata Bima Haria Wibisana.

Haria selaku Ketua Tim Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menuturkan untuk yang menggunakan fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dapat dilaksanakan mulai 1 atau 2 Desember. Sementara yang menggunakan fasilitas CAT BKN, bisa dilaksanakan mulai 4 Desember.

“Diharapkan semua proses tahapan seleksi CPNS 2018 dapat dirampungkan pada tahun ini juga. Pengumuman hasil akhir kelulusan setelah nilai SKD dan SKB diintegrasikan, ditargetkan dilakukan pada Desember 2018,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, total formasi yang tersedia dan bakal diperebutkan oleh pelamar berjumlah 238.015, terdiri dari 51.271 Instansi Pusat (76 Kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 Instansi Daerah).

Baca jugaTerus Dikebut, Menara ATC Bandara Kulonprogo Segera Dibangun

Panitia Seleksi Penerimaan CPNS di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2018 menunda pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Semenetara itu, munculnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 61/2018 membuka peluang kepada peserta SKD yang tidak memenuhi ambang batas kelulusan (passing grade), untuk bisa mengikuti tahap seleksi selanjutnya yakni SKB.

Berdasarkan aturan tersebut, pengisian formasi yang masih kosong dilakukan dengan kombinasi antara sistem rangking untuk memilih tiga terbaik di setiap formasi yang kosong. Serta penerapan nilai minimum kumulatif sebesar 255 yang harus dipenuhi oleh para peserta.

Namun sistem pemeringkatan dengan nilai kumulatif minimum ini, hanya berlaku untuk mengisi formasi yang kosong. “Jadi, peserta yang telah lolos passing grade awal dipastikan tidak dirugikan,” kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja, dalam pernyataan resminya yang dimuat di laman Kementerian PANRB, belum lama ini.

Dia menambahkan para peserta yang sudah lolos passing grade memiliki privilege (hak istimewa), sehingga tidak akan mungkin dirugikan sehubungan dengan adanya aturan baru ini.

“Mereka yang sudah lolos passing grade, tidak perlu khawatir. Berpisah dengan kelompok optimalisasi [yang tidak memenuhi passing grade]. Tes untuk kedua kelompok ini akan dilakukan bersamaan. Tetapi soalnya tetap sama,” katanya.

Berdasarkan data Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018, dari sebanyak 1.724.990 yang mengikuti SKD, tercatat hanya 128.236 yang memenuhi passing grade. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*