Pembangunan PLTGU Blok 3 Tambak Lorok Semarang Senilai Rp5,8 Triliun Dimulai

PLTGU
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PT Indonesia Power memulai tahapan awal pembangunan pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Blok 3 Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah. Proyek infrastruktur kelistrikan senilai Rp5,8 triliun itu bakal menghasilkan tenaga listrik sebesar 779 MW.

Manager Operasi PT Indonesia Power Doni Bakar mengatakan pembangunan tersebut ditargetkan selesai pada pertengahan tahun depan sehingga Oktober 2020 sudah bisa dioperasikan. Progres pembangunannya saat ini baru mencapai 10%.

“Targetnya bisa beroperasi pada Oktober 2020 dan progresnya hingga saat ini masih tahap awal, baru mencapai 10 persen,” katanya, Kamis (29/11), seperti dikutip dari Antara.

Doni menambahkan pembangunan pembangkit listrik tersebut, dikerjakan oleh konsorsium General Electric (GE), Marubeni Corporation, dan PT Hutama Karya (HK) sebagai kontraktor engineering, procurement, and construction (EPC).

Menurut dia, dalam proses pembangunan tersebut sejauh ini belum menemui kendala yang berarti baik terkait perizinan maupum pembebasan lahan, karena karena lokasi pembangkit yang berada di lingkungan atau lahan pembangkitan yang sudah tersedia.

Baca jugaSK Ditutup, Kekerasan Seksual Sulit Terkontrol

Site Manager Unit Project PT Indonesia Power Amin Muntoha menambahkan proyek tersebut akan menjadi pembangkit pertama yang paling efisien se-Indonesia karena energi yang diubah menjadi listrik lebih besar sebanyak 62% sementara pada umumnya hanya 45-50 %.

Pada pembangkit Blok 3, lanjut Amin, berbeda dengan pembangkit yang yang sudah ada (Blok 1 dan Blok 2, yang masing-masing berkapasitas 450 MW) karena teknologi yang digunakan lebih baru yakni teknologi turbin gas HA terbaru milik GE.

Doni menambahkan secara subsistem Jateng-DIY, kebutuhan listrik saat ini mencapai 4.000 MW dan pembangkit yang ada (Blok 1 dan Blok 2 dengan 900 MW) telah berkontribusi 20 persen, sementara jika subsistem Jawa Bali berkontribusi 5 persen.

Terkait lokasi yang berada di Tambaklorok yang sering terjadi rob dan penurunan tanah, Doni menegaskan bahwa PT Indonesia Power telah melakukan berbagai upaya di antaranya dengan membangun drainase, rumah pompa, penghijauan di kawasan pembangkit Tambaklorok.

“PT Indonesia Power di tahun 2013, 2015, 2016, dan 2017 berhasil mendapatkan Proper Hijau karena sudah memenuhi minimal aturan yang ditetapkan pemerintah,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*