Lukisan Leonardo da Vinci Batal Dipinjam Prancis

Leonardo da Vinci
Mona Lisa lukisan terpopuler karya Leonardo da Vinci Foto: dailymail.co.uk
Mari berbagi

JoSS, PRANCIS – Lukisan seniman Leonardo da Vinci terancam batal untuk diboyong ke Museum Louvre, salah satu museum terbesar di Prancis, dalam rangka peringatan 500 tahun meninggalnya da Vinci.

Hal itu setelah Pemerintah Italia mempertimbangkan kembali keputusann untuk meminjamkan seluruh lukisan da Vinci kepada Prancis.

Menteri Kebudayaan Italia Lucia Bergonzoni mengatakan pemerintah mempertimbangkan kembali hal tersebut karena keputusan dan ketentuan peminjaman sebelumnya disepakati oleh menteri terdahulu, Dario Franceschini pada 2017. Padahal, saat ini para pejabat di lembaga itu telah berubah.

“Kami perlu mendiskusikan semuanya lagi, melihat keputusan museum bersangkutan, karena keputusan nasional tidak bisa menjadi nomor dua. Prancis tidak bisa memiliki segalanya,” ucap Bergonzoni kepada Corriere della Sera, surat kabar Italia seperti dikutip dari AFP, belum lama ini.

Menurutnya, meminjamkan seluruh lukisan da Vinci kepada Perancis tidak tepat karena maestro pelukis ini lebih dikenal sebagai orang Italia yang lahir di Vinci, Provinsi Firenze, Italia pada 1452. Namun, dia meninggal di Perancis pada 1519.

“Leonardo orang Italia, ia hanya meninggal di Prancis,” kata Bergonzoni.

Upaya pemerintah Italia dalam mempertahankan lukisan Leonardo da Vinci bukan tanpa alasan, karena karya-karyanya termasuk dalam deretan lukisan termahal.

Baca juga: Purbalingga Gagas Pengembangan Wiasata Taman Bunga

Selain karya Leonardo da Vinci, berikut deretan lukisan termahal di dunia yang di rangkum AFP:

1. Women of Algiers – US$179,4juta (setara Rp2,6 triliun)

Lukisan karya seniman berdarah Spanyol, Pablo Picasso, ini merupakan satu dari 15 seri lukisan lainnya bertajuk ‘Les Femmes d’Alger’ yang terdiri dari versi A-O.
Dibuat pada 1954-1955, lukisan versi ‘O’ sempat menyandang titel lukisan termahal di dunia dengan terjual setara 40 Lamborghini Veneno Roedster.

2. Reclining Nude – US$170,4juta (setara Rp2.5 triliun)

Lukisan karya Modigliani menarik perhatian tujuh pembeli potensial yang masing-masing menawar dengan harga tinggi di Balai Lelang Christie’s pada November 2015.

3. Nude Lying on Her Left Side – US$157,2 juta (setara Rp2,2 triliun)

Salah satu karya seniman berdarah Italia-Yahudi yang bertajuk ‘Nude Lying on Her Left Side’ ini juga laku terjual pada Mei 2018.

4. The Woman in Gold – US$135 juta (setara Rp1,9 triliun)

Dibuat pada 1907, lukisan ini memuat sosok Adele Bloch-Bauer yang mewakili fase keemasan dari seniman Austria, Gustav Klimt.

5. Portrait of Dr. Gachet – US$149,7juta (setara Rp2,2 triliun)

Dibuat pada tahun 1890, seniman asal Belanda ini menampilkan sang dokter dengan mimik melankolis namun tetap terlihat cerdas. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*