COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

130.718

132.816

2%

Kasus Baru

1.942

2.098

8%

Update: 13 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Lintasan Bank Jateng Borobudur Marathon 2018 Berlisensi Internasional 

bank jateng
Ilustrasi | Foto: instagram
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MAGELANG – Race Director Bank Jateng Borobudur Marathon 2018 Andreas Kansil mengatakan lintasan atau rute baru pada even tahunan yang akan diselenggarakan pada Minggu (18/11) tersebut telah mengantongi sertifikat dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS).

Sertifikasi ini membuktikan bahwa perhelatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank Jateng ini telah diakui dan memenuhi standar internasional. “Sertifikasi ini sudah sejak April 2017, sebelum pelaksanaan Borobudur Marathon 2017,” katanya Jumat (16/11).

Tak hanya itu, Bank Jateng Borobudur Marathon juga telah mengantongi sertifikat dari International Association of Athletics Federations (IAAF),yang berlaku selama lima tahun kedepan.

Dia menuturkan tidak mudah bisa mendapatkan sertifikat itu. Pihak penyelenggara wajib mengikuti sejumlah prosedur ketat.

Salah satunya mendatangkan pengukur jarak (course majeure) yang melakukan pengukuran menggunakan measuring wheel atau alat Jones Counter.

“Tim penilai datang langsung ke Borobudur, mengukur, melihat sendiri bagaimana kondisi rute di desa-desa sekitar Candi Borobudur,” imbuhnya.

Dengan adanya sertifikasi ini maka pelari yang ingin memecahkan rekor baru maka akan diakui. Sekitar 10.000 pelari dari berbagai daerah dan luar negeri dipastikan berpartipasi pada even ini.

Kategori yang dilombakan meliputi full marathon (42K), half marathon (21K) dan 10k. Mereka akan melintasi rute yang ditentukan di desa-desa sekitar Candi Borobudur.

Tak sekedar berolahraga, pelari akan mendapatkan pengalaman melintasi setiap rute yang penuh tantangan, menanjak, melewati sungai, persawahan, dan pemukiman warga lokal.

Dia menambahkan, sebanyak 27 orang pacer alias pemandu laju akan dikerahkan selama pelaksanaan Bank Jateng Borobudur Marathon, di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Minggu besok.

Baca juga: Atasi Nyeri Saat Haid Dengan Cara Ini

Mereka bertugas memberi petunjuk sekaligus memotivasi para pelari supaya dapat menyelesaikan lintasan sesuai target waktu yang ditentukan. Koordinator Pacer Bank Jateng Borobudur Marathon 2018, Riefa Istamar, menjelaskan 27 pacer akan disebar dalam tiga ketegori perlombaan, yakni 10 K, half marathon (21K) dan marathon (42K).

“Masing-masing kategori akan ada 3 kelompok pacer, berisi 3 orang per kelompok. Mereka akan berlari dengan kecepatan stabil di lintasan,” ucap Riefa, dalam keterangan pers di Hotel Grand Artos Magelang.

Penyebaran pacer untuk kategori 10K ada di waktu 60 menit, 70 menit dan 80 menit. Semantara untuk kategori half marathon (21K) ada di titik waktu 2 jam, 2,30 jam dan 2,45 jam.

Kategori terakhir, marathon, para pacer akan ada di titik waktu 5 jam, 5,30 jam dan 6 jam. Mereka akan dibekali rompi dan tanda pengenal, serta balon agar mudah dikenali pelari.

“Tahun lalu pacer hanya ada di dua kategori yakni 10K dan half marathon (21). Namun tahun ini bertambah dan tersebar di semua kategori,” imbuh Riefa. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*