Press "Enter" to skip to content

Jelang Pengoperasian Ruas tol Ngasem –Ngawi JSN Bangun 3 Gerbang Tol Baru

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Jelang pengoperasian Ruas Tol Ngasem-Ngawi  PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) selaku pemegang konsesi kini tengah mempersiapkan tiga gerbang tol baru di ruas Ngasem, yakni di Colomadu, Karanganyar, hingga Ngawi.

Direktur Utama PT JSN, David Wijayatno, mengatakan ruas tol yang menjadi rangkaian Jalan Tol Solo-Kertosono ini rencananya ada delapan gerbang tol untuk ruas Ngasem-Ngawi. Namun untuk sementara ini baru ada lima gerbang yang sudah jadi.

Dia menambahakan, dari tiga yang baru tersebut dua diantaranya kini telah masuk tahapan pembangunan. Sementara itu lima lainnya ada di Ngasem, Ngemplak, Karanganyar, Sragen, dan Ngawi.

“Akan ada tiga gerbang tambahan. Ketiganya adalah gerbang Bandara Adi Soemarmo, gerbang Gondangrejo dan gerbang Sragen Timur tepatnya di wilayah Sambungmacan,” katanya, dikutip dari berbagai sumber.

David mengatakan dua gerbang tambahan, yaitu gerbang bandara dan gerbang Gondangrejo sebagai penghubung jalur Solo-Purwodadi sudah memasuki tahap konstruksi. Sedangkan untuk gerbang Sragen timur saat ini masih menunggu penetapan lokasi untuk pembebasan lahannya.

Dia mengatakan masing-masing gerbang tol memiliki empat hingga lima pintu kendaraan. Secara umum untuk ruas Ngasem-Ngawi yang konsesinya dipegang PT JSN, saat ini sudah siap beroperasi.

Baca jugaMembikin ‘Bali’ Baru Di Kawasan Borobudur

Bahkan ruas Ngasem-Sragen sudah lebih duku diresmikan. Sedangkan ruas Sragen-Ngawi saat ini tinggal menunggu peresmian.

“Ruas Sragen-Ngawi sudah keluar sertifikat layak operasinya. Tapi jadwal peresmiannya belum ada, saat ini sudah siap tinggal menunggu peresmian,” terang dia.

Selain ruas tol tersebut, PT JSN juga ditugasi membangun ruas tol Salatiga-Ngasem yang yang konsesinya dipegang PT Trans Marga Jateng.

“Ruas Salatiga-Ngasem itu bagian dari ruas Semarang-Solo yang dipegang PT Trans Marga Jateng. Saat ini sudah 93%. Tinggal menyelesaikan sekitar 500 meter lagi. Saat ini proses pengecoran,” kata dia.

Jembatan Kali Kenteng saat ini juga sudah tahap pengecoran pelat lantai pada tiga bentang jembatan. Pemasangan girder jembatan sudah selesai secara keseluruhan.

Seperti diketahui, Jalan tol Solo-Kertosono (Soker) memiliki panjang 178,6 kilometer, terdiri dari dua ruas yakni ruas Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer dan ruas Ngawi-Kertosono sepanjang 88,35 kilometer.

Terdapat lima gerbang Tol Soker yang sudah aktif yaitu gerbang tol Kartasura (Ngasem), gerbang tol Solo (Klodran), gerbang tol Karanganyar (Kebak Kramat), gerbang tol Sragen (Pungkruk) dan gerbang tol Ngawi. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id