Press "Enter" to skip to content

Ini Yang Wajib Kamu Tau Tentang Boyolali

Mari berbagi

JoSS, BOYOLALI ‚Äď Kabupaten Boyolali mendadak menjadi tenar. Namun nama kota yang identik dengan kesejukannya ini telah lama didengar oleh wisatawan, khususnya yang memiliki minat dengan objek wisata alam dan sejarah.

Kabupaten yang terletak sekitar sekitar 25 kilometer sebelah barat Kota Surakarta ini memiliki beragam objek wisata yang mampu memikat hati penduduk kota. Berikut sederet objek wisata Boyolali seperti dirilis CNNIndonesia.

1. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Kabupaten Boyolali terkenal dengan usaha pengembangan sapi perah dan penggemukan sapi. Jarak dari Kabupaten Boyolali adalah 13 km ke arah Barat. Jalan ke Cepogo menanjak karena topografinya merupakan pegunungan.

Hal ini menyebabkan iklim yang dingin sehingga memungkinkan pemeliharaan sapi perah. Cepogo ditetapkan menjadi lokasi agrowisata sapi perah.

2.  Merbabu lewat jalur Selo

Boyolali juga menjadi tempat favorit untuk mendaki, Gunung Merbabu bisa anda jadikan sebagai trek untuk mendaki. Salah satu jalur pendakian ke gunung ini adalah melalui jalur Selo di Boyolali.

Jika melakukan pendakian dari jalur Selo kita akan melewati beberapa padang sabana yang dipenuhi bunga edelweis.

3. Candi Lawang

Candi lawang terletak di Dusun Gedangan, Kecamatan Cepogo. Candi ini merupakan peninggalan Hindu abad kesembilan.

Baca juga: Tahun Depan Upah Minimum di Jateng Rp1,6 Juta

Menariknya, di sekeliling candi tidak ditemukan arca maupun relief, hanya ada batu berornamen dan bebatuan yang belum disusun.

4. Candi Sari

Tidak jauh dari Candi Lawang, berdiri sebuah Candi Hindu lain yang bernama Candi Sari. Candi ini pertama kali ditemukan pada 1967.

Bukit tempat Candi Sari berada dipercaya sebagai sumber mata air yang penting bagi kehidupan warga sekitar. Itu sebabnya candi ini dikeramatkan oleh warga.

5. Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun ini berada di antara dua Gunung yaitu Merbabu dan Merapi. Kedung Kayang adalah objek wisata Boyolali paling terkenal, dan menjadi favorit wisatawan yang datang liburan ke Boyolali.

Sayangnya air terjun ini menjadi ‘rebutan’ antara Kabupaten Magelang dan Boyolali, lantaran lokasinya yang berada di antara Desa Wonolelo di Kabupaten Magelang dan Desa Klakah di Kabupaten Boyolali.

6. Waduk Cengklik

Selain memiliki waduk Kedung Ombo, Boyolali juga memiliki waduk Cengklik. Bahkan waduk Cengklik menjadi salah satu objek wisata unggulan di Boyolali.

Waduk dengan luas sekitar 300 hektare ini dibangun pada zaman Belanda, tujuan awalnya adalah untuk mengairi areal sawah di sekitar waduk. Cengklik menjadi salah satu tempat menikmati meomen matahari terbenam, sekaligus tempat berkumpulnya anak-anak muda di Boyolali. (wiek)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id