Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

27.549

28.233

2%

Kasus Baru

609

684

12%

Update: 3 Juni 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Dianggap Menjiplak Lagu Ed Sheeran dituntut USD5 Juta

Ed Sheeran
Ed Sheeran | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Ed Sheeran, Tim McGraw, dan Faith Hill saat ini tengah menghadapi tuntutan hak cipta atas lagu mereka “The Rest of Our Life”.

Mereka digugat karena dianggap telah menjiplak tanpa izin dari lagu berjudul “When I Found You.”

Lagu tersebut ditulis dua seniman Australia, Sean Carey dan Beau Golden. Pengacara untuk kedua penulis lagu asal Australia itu menyebut kedua pihak telah setuju untuk menyelesaikan kasus ini, dan menghentikan tuntutan dalam 30 hari mendatang jika semua permintaan telah diselesaikan.

Kesepakatan itu diungkapkan dalam surat yang ditujukan kepada Pengadilan Negeri AS di Manhattan pada Kamis (8/11) malam, Seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Carey dan Golden melayangkan gugatan pada Januari, satu bulan setelah Rae diberitahu penggemarnya. Si penggemar itu mencuitkan kepada bintang musik country Australia, Jasmine Rae yang menjadi penulis pembantu pada lagu itu.

Dalam cuitannya penggemar menanyakan apakah Rae sudah mendengar lagu milik McGraw’s and Hill’s. Sebab menurutnya lagu yang dinyanyikan pelantun ‘Perfect’ itu sangat mirip dengan lagu asli penyanyi tersebut.

Baca jugaAsyiknya Wisata Kebun dan Peternakan di Taiwan

Ed Sheeran menulis lagu “The Rest of Our Life” untuk pernikahan dua musisi musik country di Amerika Serikat, McGraw dan Hill. Lagu ini dirilis pada 2017, dua tahun setelah lagu “When I Found You”.

Pengacara untuk pihak yang dituntut belum memberikan respon saat dimintai komentar pada Jumat (9/11). Pengacara penggugat juga tidak segera menanggapi permintaan serupa.

Gugatan ini tercatat di Pengadilan Distrik AS, Distrik Selatan New York, No. 18-00214 atas nama Carey dkk. vs Sheeran dkk.

Kedua musisi Australia itu turut menuntut Sony Music Entertainment yang merilis lagu tersebut. Mereka juga menuntut label Arista Nashville, dan publisher Sony/ATV Songs.

Mereka melayangkan tuntutan sebesar USD5 juta atau setara dengan Rp73,4 miliar atas dugaan kasus plagiat ini.

Bagi Ed Sheeran itu bukanlah gugatan hak cipta pertama yang diterima dirinya. Sebelumnya, ia pun telah menerima bermacam tuntutan hak cipta termasuk untuk lagu “Thinking Out Loud,” “Shape of You”, dan “Photograph.” (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*