Awas, Penyakit Ini Mengintai Pemilik Tubuh Gemuk

tubuh gemuk
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Ada pelajaran yang dapat dipetik dari berpulangnya komedian Pretty Asmara pada Minggu (4/11). Salah satunya, adalah supaya kita selalu menjaga kesehatan pencernaan dan seluruh fungsi tubuh.

Selama hidupnya, Pretty dikenal sebagai komedian bertubuh subur. Tumpukan lemak di bagian pinggang dan perut meningkatkan risiko mengalami berbagai jenis penyakit kronis mematikan. Berikut penjelasannya diriis Detik.com.

1. Gangguan jantung dan stroke

Tekanan darah dan kolesterol tinggi lebih berisiko pada orang dengan kelebihan berat badan. Seiring peningkatan tekanan darah dan kolesterol, risiko mengalami gangguan jantung dan stroke juga makin besar.

2. Diabetes

Obesitas meningkatkan risiko mengalami resistensi insulin atau dikenal dengan diabetes. Risiko bisa ditekan dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga, dan cukup tidur untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

3. Kanker

Risiko kanker usus, payudara setelah menopause, lapisan terdalam pada rahim (endometrium), ginjal, dan kerongkongan lebih tinggi pada yang mengalami obesitas.

Baca jugaJangan Remehkan Dehidrasi, Ini Akibatnya

4.Gangguan kantong empedu

Batu dan gangguan lain pada kantong empedu lebih umum terjadi pada pengidap obesitas. Namun penurunan berat badan secara cepat dan besar, ternyata meningkatkan risiko mengalami batu empedu.

5. Osteoarthritis

Radang sendi ini biasanya menyerang tangan, lutut, pinggul, dan punggung. Gangguan ini menyebabkan sendiri terasa sakit, kaku, bengkak.

6. Asam urat

Gout atau asam urat adalah penyakit yang memengaruhi kerja sendi. Sistem terganggu akibat tingginya kadar kristal asam urat di daerah persendian.

7. Sleep apnea

Gangguan tidur sleep apnea terjadi akibat masalah pernapasan. Kondisi ini menyebabkan pasien ngorok keras dan berhenti napas singkat saat tidur. Sleep apnea meningkatkan risiko terkena stroke, gangguan jantung, dan mengganggu produktivitas pada pagi dan siang hari.

Seperti diketahui, Kepala Rumah Sakit (RS) Pengayoman Cipinang, Jakarta Timur, Dokter Daniel, mengatakan ada dua penyakit yang menjadi penyebab Pretty Asmara meninggal dunia. Pretty mengembuskan napas terakhir dalam usia 41 tahun di RS Pengayoman cipinang pada Minggu (4/11) pukul 06.55 WIB.

“Karena proses infeksi di paru-paru itu dengan infeksi di hati. Kemungkinan ada (riwayat penyakit) sebelum masuk ke rutan (rumah tahanan). Cuma, mungkin mendiang enggak pernah check up, pas masuk rutan baru keluar gejalanya,” tutur Daniel di RS Pengayoman, Minggu siang.

Diketahui Sakit Gangguan Lambung Menurut ia, dua penyakit itu mungkin timbul karena pengaruh gaya hidup.

Namun, karena belum ada hasil pemeriksaan lebih lanjut yang keluar, Daniel belum bisa memastikan itu. (wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*