Press "Enter" to skip to content

Suporter Solo Minta Maaf, Begini Reaksi Pendukung PSIS

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pengurus 2 organisasi suporter Persis Solo, Pasoepati dan Surakartans, datang ke Semarang, Senin (8/10). Kepada warga Semarang dan pendukung PSIS, Semarang Extreme (Snex) dan Panser Biru, mereka minta maaf atas insiden di Alfamart Mangkang, Sabtu (29/9).

“Kami mohon maaf kepada suporter dan warga Semarang karena yang terjadi di Alfamart itu di luar kendali kami,” tutur Presiden Pasoepati, Aulia Haryo Suryo atau akrab disapa Rio.

Sesepuh Pasoepati, Prapto Koting menambahkan persaudaraan yang sudah terjalin antara pendukung PSIS dan Persis tidak boleh terciderai dengan kejadian Mangkang. “Kami minta maaf atas ulah adik-adik kami. Saya dan mas Edy Snex menjadi saksi perdamaian pada 2006 lalu. Kami harap pertemuan ini bisa tersosialisasi sampai bawah,” ujar dia.

Hal senada disampaikan Wegig, perwakilan Surakartans. “Kami minta maaf atas kejadian di Mangkang, itu di luar kendali kami. Kejadiannya berlangsung sangat cepat. Kepada Panser Biru dan Snex kami mohon maaf sebesar-besarnya,” ucap dia.

Suporter Solo sepakat bahwa apa yang terjadi di Mangkang menjadi pelajaran berharga dan tidak boleh terulang lagi di masa mendatang. Mereka juga menginginkan hubungan baik kembali terjalin dengan pendukung PSIS.

Empat organisasi suporter dari dua kesebelasan sepakbola itu bertemu dengan difasilitasi Polrestabes Semarang. Sebelumnya, Persis Solo bertemu Persibat Batang dalam laga Liga 2 Indonesia di Stadion Moh Sarengat, Batang, sepekan lalu. Usai pertandingan, dalam perjalanan kembali ke Solo, sejumlah oknum suporter Persis mengeroyok seorang warga dan merusak Alfamart di kawasan Mangkang, Semarang, sekitar pukul 20.20 WIB.

Permintaan maaf disambut baik Snex maupun Panser Biru. “Kami pengurus dan warga Semarang terima permintaan maaf dari rekan Solo. Semoga kedepan tidak terjadi lagi. Pengalaman 2006 kita bisa damai, kenapa harus ada kerikil lagi,” ujar Ketua Umum Snex Edy Purwanto.

Baca juga: Kawasan Solo Utara Bakal Dibangun 7 Menara Berkapasitas 1.400 Unit Hunian

Edy mengungkapkan saat pertandingan Persis Solo kontra Persibat Batang, perwakilan suporter Solo juga sudah beritikad baik dengan mengontak pihaknya lantaran akan melintasi Semarang. Karena itu dari Snex juga tidak ada gerakan untuk hadang ataupun membalas. “Kami tentunya ingin guyup rukun. Kalau gegeran (ribut) terus sepakbola Jawa Tengah tidak akan maju,” kata dia.

Hal senada disampaikan Panser Biru. “Dengan tangan terbuka kami terima permintaan maaf teman-teman Solo. Apa yang sudah dirintis senior-senior kami untuk terciptanya kerukunan suporter akan kami pertahankan dan perjuangkan,” ucap perwakilan Panser Biru, Galih.

Galih juga menyatakan dari jajaran elit pengurus suporter Semarang maupun Solo sebenarnya tidak pernah ada persoalan. Hanya memang diakui di level bawah kerap terjadi gesekan lantaran kesalahpahaman masalah sepele.

“Tentunya pertemuan ini jangan berhenti hari ini. Harus menjadi perhatian bersama agar disampaikan ke bawah. Kami ingin Semarang Solo tetap seduluran,” imbuh dia.

Pertemuan menyejukkan tersebut mendapat apresiasi dari kepolisian Semarang. “Saya merinding, terimakasih kepada rekan-rekan suporter dan warga Solo yang sudah datang dengan niat dan itikad baik. Juga beribu terimakasih kepada suporter dan warga Semarang yang telah dengan tangan terbuka menerima itikad baik dari rekan Solo,” ucap Kasat Intelkam Polrestabes Semarang AKBP Wahyu Purwidiarso.

Menindaklanjuti pertemuan, Polrestabes Semarang berencana mengumpulkan perwakilan suporter sepakbola se-Jawa Tengah. Kepolisian Semarang akan berkomunikasi lebih dulu dengan pimpinan organisasi suporter untuk deklarasi damai suporter Jawa Tengah.

“Silahkan nanti buat formulasi agar sepakbola di Jawa Tengah bisa berjalan aman dan tertib. Apa yg diinginkan masyarakat Jawa Tengah, bahwa sepakbola damai bisa terwujud,” tukas Wahyu. (joy/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id