Press "Enter" to skip to content

Manfaat Mandi Pagi Lebih Dahsyat Dengan Cara Ini

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Saat bangun di pagi hari, kita memiliki rutinitas yang bervariasi. Ada yang memilih berolahraga atau minum kopi.

Ada juga yang memilih langsung mandi demi menyegarkan tubuh. Nah, ternyata, mandi pagi tak hanya mampu menyegarkan tubuh kita.

Ada manfaat besar di balik rutinitas yang kadang malas dilakukan oleh sebagian orang ini. Pakar pengobatan Robert Glatter seperti dirilis Kompas. com, mandi pagi bisa membuat orang yang melakukannya rileks dalam memulai hari.

Mandi pagi juga bisa memberi semangat. Caranya, jika memungkinkan, kita bisa bereksperimen dengan pengaturan suhu air.

Glatter menyarankan mandi pagi dengan air hangat, yang menenangkan. Setelah itu, bilas tubuh dengan menggunakan air dingin. Menurut dia, air dingin bisa membantu merangsang sirkulasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

“Bagi saya, mandi air dingin saat baru saja bangun dari tidur tentu sedikit menyiksa,” ucap dia. Untuk mengatasinya, ia menyarankan kita untuk membasahi badan dengan air hangat terlebih dahulu.

Mandi air dingin dapat menurunkan detak jantung. Dengan kata lain, air dingin bisa menenangkan kita saat akan menghadapi hari yang berat.

Baca juga: PT Berlico Sleman Siap Ekspor Produk Farmasi Ke Filipina

Namun, saat kita merasa kedinginan mandi dengan air dingin, air hangat masih bisa membuat kita merasa segar. Namun pada dasarnya, entah kita menggunakan air hangat atau dingin, mandi di pagi hari bisa menghilangkan kantuk. Bahkan, tanpa meminum secangkir kopi pun mandi mampu membuat kita terjaga. Mandi pagi juga mencerminkan kepribadian.

Glatter berkata orang yang rajin mandi pagi cenderung memiliki kepribadian yang teratur. Logikanya, mereka secara teknis sudah mulai memeriksa hal-hal dari daftar tugas mereka.

“Mandi pagi sering menjadi bagian dari ritual pagi harian yang membantu kita mengatur hari,” kata Glatter.

Menurut dia, ini adalah bagian dari proses yang membantu kita memulai hari, membuat kita tetap tertata dan mempertahankan fokus.

Jadi, saat bangun di pagi hari, jangan segan untuk langsung membasahi tubuh dengan air. Setelah mandi, kita bisa langsung menyelesaikan semua tugas penting, seperti menata tempat tidur atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Bukankah ini cara yang bagus untuk memulai hari? (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id