Press "Enter" to skip to content

Black Box Pesawat Lion Air Termonitor

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Deputi Operasi Badan SAR Nasional atau Basarnas Brigadir Jenderal Nugroho Budi Wiryanto mengatakan titik lokasi kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT 610 berhasil ditemukan.

“Sudah termonitor lokasinya,” kata Nugroho Budi saat konferensi pers di kantornya, Senin (29/10) seperti dirilis dari Tempo. Namun, Nugroho tidak menyampaikan lokasi detail black box itu.

Menurut Budi pesawat yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, itu diperkirakan berada di kedalaman 30-35 meter.

Sampai saat ini, Budi mengatakan, korban jatuh pesawat juga belum ditentukan. Nantinya, korban akan dibawa ke posko Basarnas di JITC II, Tanjung Priok.

Dari posko itu, Budi mengatakan korban jatuhnya pesawat akan di bawa ke Rumah Sakit Polri di Kramat Jati. Walau belum ada jenazah, Budi berujar barang-barang yang diduga milik korban telah dikumpulkan.

Ditemukan beberapa KTP, kemudian paspor, SIM, KTA, kartu BPJS maupun buku tabungan,” katanya.

Sementara itu Badan SAR Nasional memprediksi korban masih berada di dalam pesawat Lion Air JT 610.

Baca juga: Budidaya Udang Vaname Modal Kecil Dengan Hasil Menjanjikan

Sebabnya, temuan potongan tubuh dan barang-barang milik korban serta serpihan pesawat siang ini berasal dari permukaan laut.

“(Para korban) masih di dalam pesawat. Yang jelas yang kita angkut adalah yang terapung di permukaan,” kata Kepala Bagian Humas Badan SAR Nasional Suhri Noster Nobertus Sinaga di posko JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (29/10).

Di Posko JICT II, enam kantong jenazah tiba sekitar pukul 14.50. Kantong jenazah berisi potongan tubuh alias tidak utuh lagi dan telah dibawa ke RS Polri Kramat Jati. (Wiek)

“Ada bagian-bagian tubuh penumpang yang menempel di body pesawat,” kata Suhri.

Selain membawa kantong jenazah, dua kapal Rigid Inflatable Boat (RIB) juga membawa beberapa barang. Di antaranya adalah tas, pakaian, potongan kursi, tabung gas dan lain-lain. Barang-barang itu terlihat basah oleh air laut.

Pesawat Lion Air JT 610 itu jatuh setelah setelah 13 menit mengudara. Pesawat mengangakut 178 penumpang dewasa 1 penumpang anak-anak dan 2 penumpang bayi termasuk dalam penerbangan ini ada 3 pramugari sedang pelatihan dan 1 tenagga teknis. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id