Press "Enter" to skip to content

Ayo Liat Serunya Pameran Alat Pertahanan TNI di Lanumad Ahmad Yani

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Selama tiga hari ke depan masyarakat Semarang dan sekitarnya bisa melihat secara langsung puluhan alat perang milik TNI dalam Pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) di Lapangan Udara Militer TNI AD (Lanumad) Ahmad Yani.

Agenda ini diselenggarakan dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI dan HUT ke-68 Kodam IV Diponegoro di Kota Semarang, Jumat(5/10).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IV Diponegoro, Kolonel Arh. Zainudin, mengatakan Pameran Alutsista bertemakan Mengabdi untuk Bangsa itu merupakan rangkaian acara peringatan HUT TNI dan HUT Kodam IV Diponegoro. Ada puluhan peralatan pertahanan milik TNI yang dipamerkan, mulai dari rudal Starstrex hingga helikopter Apache.

“Total ada 59 peralatan pertahanan yang kami pamerkan dalam acara ini. Kami ingin tunjukkan ke masyarakat, ini lo peralatan militer yang kami punya untuk menjaga kedaulatan NKRI. Semua peralatan itu dibeli dari uang rakyat dan milik rakyat. Silakan datang dan menyaksikan,” ujar Zainudin kepada JoSS.co.id,  Jumat (5/10).

Rudal Starstrex merupakan rudal buatan Inggris yang dibeli Indonesia pada 2015 lalu sebagai sistem pertahanan udara. Sedangkan, helikopter Apache merupakan helikopter tempur yang didatangkan Indonesia dari Amerika Serikat, pertengahan Mei 2018.

Baca juga: Siap-Siap Tarif Layanan PT Angkasa Pura II Bakal Naik

Zainudin berharap dengan ditampilkannya peralatan militer yang canggih milik TNI AD itu mampu menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung. Pihaknya pun tidak akan memasang tarif sepeser pun bagi warga yang ingin berkunjung ke pameran tersebut.

“Kami berharap pameran ini bisa menarik minat pengunjung sebanyak-banyaknya. Ada berbagai atraksi yang kami tampilkan di pameran nanti. Pengunjung bisa menyaksikannya, kalau tidak minimal bisa berswafoto dengan peralatan militer yang canggih,” imbuh Kapendam.

Kemeriahan juga terlihat dibekas kantor Bandara A. Yani. Sudut-sudut ruangan yang semula kosong karena pindah lokasi ke Bandara yang baru, disulap menjadi aneka macam stand pameran yang diikuti oleh berbagai satuan TNI, Pemda dan BUMN.

“Masyarakat bisa berinteraksi di dalam pameran tersebut, untuk saling berbagi dan tukar-menukar informasi”, imbuh Kapendam.

Zainudin menambahkan pada malam harinya, masih di tempat yang sama, masyarakat Jawa Tengah akan menggelar do’a bersama (tabligh akbar) bertemakan “Doa Persembahan Ibu Kandung (Rakyat) untuk Anak Tercinta (TNI-Polri)” yang akan dipimpin oleh Al Habib Maulana M. Luthfi bin Ali bin Yahya (Habib Luthfi) dan tokoh-tokoh lintas agama serta tokoh masyarakat Jateng.

“Untuk acara pengajian Habib Lutfi akan digelar Jumat malam. Rencana Kapolri [Jenderal Pol. Tito Karnavian] dan Panglima TNI [Marsekal TNI Hadi Tjahjanto] hadir dalam acara itu,” terang Zainudin. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id