Press "Enter" to skip to content

Awas, Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Asupan makanan berkaitan erat dengan kadar gula darah. Salah memilih makanan, bukan tidak mungkin kadar gula darah langsung naik.

Seperti dilansir Detik Health, tubuh menghasilkan gula darah atau glukosa darah dengan cara memproses karbohidrat yang didapat dari makanan.

Pada tingkat terparah menyebabkan diabetes. Untuk mencegahnya, hindari konsumi 6 makanan yang dirangkum NDTV (9/11) berikut.

1. Kopi

Penggemar kopi pasti sering merasakan hal ini. Saat Anda mengonsumsi kopi, gula darah langsung meningkat akibat kandungan kafein dalam kopi. Hal ini sama seperti ketika mengonsumsi black tea atau green tea. Meski begitu, pengaruh kafein akan berbeda pada tiap orang. Sebaiknya tetap batasi konsumsi kafein agar tidak mengalami diabetes.

2. Buah kering

Buah kering seperti kismis dan cranberry mengandung gula dalam bentuk yang lebih terkonsentrasi sehingga karbohidratnya juga lebih tinggi. Semua buah selain buah segar seperti jus dan buah kering memang dikenal mengandung gula dua kali lebih banyak. Karenanya batasi konsumsi buah kering sekitar 30 gram saja per hari.

Baca jugaHarga Daging Ayam di Purwokerto Masih di Atas Harga Acuan Pemerintah

3. Roti tawar

Roti tawar dan nasi putih mengandung karbohidrat yang mudah dipecah oleh tubuh dan dikonversi menjadi glukosa. Selain itu, roti tawar juga mengandung tepung olahan sama seperti pasta dan mie. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memilih nasi merah atau roti gandum yang lebih kaya serat.

4. Daging merah

Beberapa penelitian menemukan daging merah dan daging seperti bacon dan ham mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

5. Susu

Susu mengandung laktosa yang merupakan jenis gula yang mudah dicerna. Tapi juga mengandung protein yang mungkin mampu menangkal respon ini. Karenanya susu sebaiknya diminum tak berlebihan.

6. Pisang

Buah seperti pisang, anggur, ceri, dan mangga kaya akan karbohidrat dan gula yang pasti bisa meningkatkan kadar gula darah Anda secara cepat.

Anda tak harus menghindari makanan tersebut secara keseluruhan. Yang terpenting adalah memperhatikan porsi konsumsinya agar tak menaikkan gula darah secara drastis. (Wiek/lna)

 

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id