Press "Enter" to skip to content

Akhir November Jalan Tol Seksi Salatiga-Kartasura Dilakukan Uji Laik Fungsi

Mari berbagi

JoSS, SOLO – PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) memperkirakan proses pembangunan jalan tol Semarang-Solo Seksi Salatiga-Kartasura sudah bisa dilakukan uji laik fungsi pada akhir November mendatang.

Direktur PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno mengatakan untuk pembangunan konstruksi ruas tol sepanjang 33,5 kilometer itu kini sudah dalam tahap penyelesaian akhir dan ditargetkan rampung pada pertengahan  November 2018.

“Pertengahan November baru tuntas konstruksinya, kami perkirakan akhir November bisa dilakukan uji laik fungsi,” katanya kepada JoSS.co.id belum lama ini.

Sebelumnya David menjelaskan, masih ada beberapa proses pekerjaan fisik yang cukup krusial. Yang utama, yakni pembangunan jembatan sepanjang 600 meter yang melintas di atas Kali Kenteng.

Saat ini, proses pengerjaan jembatan ini masih masuk tahap finalisasi pemasangan grader, Jembatan Kali Kenteng. “Jika proses ini bisa diselesaikan sesuai dengan target waktu tersebut, maka secara keseluruhan pekerjaan konstruksi jalan tol ruas Salatiga-Surakarta bisa dioperasikan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019,” ujarnya.

Setelah proses pekerjaan konstruksi rampung, David mengatakan, akan dilakukan uji kelayakan konstruksi jalan tol ruas ini yang diperkirakan dilaksanakan pada akhir November mendatang.

Baca juga: Airnav Optimalkan Jalur Penerbangan Selatan Jawa

Ia juga menyampaikan, dalam waktu dekat segera memasuki masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Kendati demikian, ia tetap optimistis hujan tidak akan mempengaruhi proses pekerjaan konstruksi.

Sebab, ia mengatakan, di ruas jalan tol Salatiga-Kartasura, tidak ada lagi pekerjaan cut and fill atau pekerjaan tanah, yang pelaksanaannya dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. “Kami optimistis semuanya akan bisa selesai sesuai dengan target tersebut,” kata David.

Jalan Tol Semarang–Solo ini menghubungkan Kota Semarang, Salatiga dan Surakarta, melewati tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Semarang, Salatiga dan Sukoharjo. Tol ini mulai dibangun tahun 2009 oleh Jasa Marga dengan total lintasan sepanjang 72,64 km  dan sampai saat ini pembangunannya masih berlangsung.

Proyek ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Jalan Tol Semarang dengan Jalan Tol Solo-Ngawi. Ruas Tol Semarang-Solo terbagi V seksi yaituSeksi 1 Tembalang-Ungaran sepanjang 16,3 kilometer, Seksi 2 Ungaran-Bawen sepanjang 11,3 kilometer  dan seksi 3 Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 km yang telah beroperasi.

Sementara seksi IV Salatiga-Boyolali sepanjang 22,4 kilometer dan Seksi V menghubungkan Boyolali-Kartasura sepanjang 11,1 kilometer diperkirakan beroperasi akhir tahun ini.

Jalan tol Semarang- Solo, seksi Salatiga-kartasura ini proses pekerjaan konstruksinya ditangani oleh PT SNJ. Operasional jalan tol ruas ini akan dilakukan oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ). (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id