Press "Enter" to skip to content

Simbol Nomor Urut Pilpres 2019: Jokowi Bersatu, Prabowo Damai

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menentapkan nomor urut peserta pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Calon presiden Joko Widodo mendapatkan nomor urut 1 sedangkan Prabowo Subianto mendapatkann nomor urut 2.

“Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin pada nomor urut satu. Dan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno pada nomor urut dua,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, Jumat malam, (21/9).

Joko Widodo bersyukur bersyukur mendapatkan nomor urut 1 karena sesuai dengan harapannya. “Alhamdulillah sesuai yang kita harapkan, kita mendapatkan nomor urut satu. Karena kita ingin bersatu,” kata Jokowi, di Gedung KPU.

Jokowi juga mengaku nomor urut satu membuat dirinya lebih mudah menyampaikan kinerjanya selama ini. “Ini memudahkan kita berkomunikasi, dengan masyarakat,” kata dia.

Sementara itu Prabowo Subianto juga bersyukur mendapatkan nomor urut tersebut. “Ya, nomor 2 lambang kemenangan,” kata Prabowo.

Dalam pidatonya di Kantor KPU Jakarta Pusat, masing-masing capres mengungkapkan harapannya untuk pemilu mendatang. Jokowi berharap Indonesia tetap bersatu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali mengingatkan bahwa Pilpres adalah pesta demokrasi yang seharusnya berlangsung damai. “Ini adalah kontestasi program, adu ide, adu gagasan, adu rekam jejak, adu prestasi. Jauhkan dari saling memfitnah, saling menghina, saling mencemooh, saling menjelekkan karena itu bukan etika keindonesiaan,” ungkapnya.

Jokowi menambahkan, jangan sampai silaturahmi putus gara-gara politik. “Saya masih bisa bertelepon dengan Pak Prabowo, Pak Sandi. Karena mereka adalah sahabat-sahabat saya sejak lama,” kata dia.

Baca juga : Waduh, 2000 PNS Terpidana Korupsi Yang Masih Aktif Diusulkan Segera Dipecat

Sementara itu Prabowo menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan pilpres 2019 dengan sejuk dan damai. Prabowo juga berpesan agar pemilu menjunjung tinggi kekeluargaan demi mencari pemimpin yang terbaik untuk bangsa.

Dia berharap Pemilu dijalani dengan suasana kekeluargaan dan tidak mencari kesalahan. “Semangat kekeluargaan mencari yang terbaik untuk bangsa. Bukan untuk mencari kesalahan atau kekurangan masing-masing,” tegas Prabowo.

PKB senang karena pasangan calon Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mendapatkan nomor urut 1, yakni sama dengan nomor urut PKB sebagai peserta Pemilu 2019. Dengan demikian, PKB lebih mudah mengkampanyekan partainya.

“Alhamdulillah, dengan nomor satu ini, kampanye PKB jauh lebih mudah, lebih gampang. Mudah-mudahan ada berkahnya dari nomor satu ini atau sebaliknya,” kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat

Sementara di tempat terpisah, anggota timses Prabowo-Sandiaga Uno, Mohamad Taufik senang jagoannya mendapatkan nomor urut dua. “Ini tangan Tuhan, partainya nomor dua, capres nomor dua. Jadi dapat angka ini lebih memudahkan berkomunikasi dengan masyarakat. Jadi ini keuntungan juga buat Gerindra, Ini kemenangan buat Gerindra,” kata dia.

Setelah tahapan ini, seluruh kandidat akan bersiap memulai kampanye yang dilalsanakan sejak 23 September hingga 13 April 2019.  Setelah itu, sejak 14 hingga 16 April 2019 waktunya masa tenang. Pencoblosan akan dilaksanakan pada keesokan harinya, yakni 17 April 2019.

Masa rekapitulasi suara akan berlangsung sejak 25 April hingga 22 Mei 2019. Sedangkan capres-cawapres terpilih akan dilantik pada 20 Oktober 2019. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id