Ceko Lirik 4 Proyek Infrastruktur Di Jogja

infrastuktur
Pertemuan Delegasi Republik Ceko yang di pimpin oleh Presiden Senat Republik Ceko, Milan Stech dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubu Buwono X di Keraton Yogyakarta | Foto : instagram humasjogja
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pemerintah Republik Ceko menjajaki kerjasama untuk menggarap empat proyek infrastruktur di Jogja yaitu transportasi pendukung Bandara Kulonprogo, rumah sakit, Pelabuhan Tanjung Adikarto dan kereta api.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Budi Wibowo menjelaskan ada tiga hal yang dibahas dalam kunjungan Pimpinan Senat Republik Ceko dan jajarannya yaitu kerjasama dibidang managemen transportasi, infrastruktur dan medis.

Untuk tahap awal, lanjut dia dimungkinkan akan ada wacana pembangunan jalur kereta api dari Bandara Kulonprogo menuju ke stasiun Tugu. Dari Republik Ceko akan segera melakukan studi kelayakan.

“Salah satunya adalah infrastruktur pendukung transportasi bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) berupa kereta api. Ini sangat penting mengingat Bandara Kulonprogo segera beroperasi tahun depan,” katanya di kompleks kepatihan, Rabu (19/9).

Seperti diketahui, delegasi Republik Ceko  yang dipimpin oleh Presiden Senat Parlemen  Republik Ceko Milan Stech Wakil Ketua Kadin Republik Ceko Michal Stefl berkunjung ke Jogja dan diterima di ruang Pracimantoro kompleks Kepatihan, Rabu (19/9).

Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) DIY, GKR Mangkubumi menyambut baik peluang kerjasama tersebut dan segera menindaklanjuti dengan dinas terkait.

Baca juga : Sheila On 7 dan Nufi Wardana Bakal Meriahkan Uincredible 2018

“Kami saat ini baru dilakukan pendalaman. Rombongan dari Republik Ceko juga mengikutsertakan kalangan pengusaha dan perbankan. Mereka berminat untuk berinvestasi di bidang kereta api, traffic management, dan teknologi,’’ katanya.

Pada kesempatan itu, rombongan dari Ceko juga sekaligus menggelar diskusi dengan pihak-pihak yang berkepentingan seperti PT KAI (Kereta ApiIndonesia), PT Angkasa Pura I, dan RSUP Dr Sardjito, di Gedhong Pracimoso, Kepatihan.

Sebelum melakukan diskusi, rombongan dari Republik Ceko termasuk Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek, melakukan audiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kepatihan

Wakil Ketua Bidang Transportasi Kadin DIY Onny Febri Ananto menambahkan secara garis besar Ceko berminat untuk berinvestasi di DIY. Yang mereka tawarkan antara lain sistem traffic management untuk mendukung bandara, teknologi aero city, peralatan dan pembangunan rumah sakit di airport, juga kereta api dari Stasiun Tugu ke bandara.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pihaknya hanya mendorong PT KAI agar ada pertemuan dengan Ceko di bidang perkeretaapian. “Bagaimana supaya ada kerja sama antara PT KAI terutama untuk transportasi kebandara dari Stasiun Tugu ke bandara di Kulonprogo,” ujarnya.

Sultan menambahkan, kemungkinan bisa juga dibangun rel kereta dari Yogyakarta ke Borobudur dan ada pengembangan kereta api di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan Ceko. Karena negara itu dikenal dengan industri kereta apinya.

Deputi EVP (Executive Vice President) Daop VI, Nathan M Siahaan, mengatakan pihaknya baru mendengarkan dulu pemaparan pihak Republik Ceko dan nantinya ada pertemuan lanjutan. Infotmasi pertemuan berikutnya akan disampaikan Pemda DIY. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*