Bawaslu Minta Semua Pihak Menahan Diri

pihak
Badan Pengawas Pemilihan Umum | Foto : bawaslu.go.id
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Masa kampanye pemilihan presiden 2019 masih 23 hari lagi namun sejumlah pihak dinilai telah melakukan kegiatan yang dikategorikan kampanye. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berharap seluruh pihak bisa menahan diri hingga penetapan masa kampanye.

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengatakan sejumlah pihak telah melakukan ajakan-ajakan kepada masyarakat untuk memilih bakal calon masing-masing pihak padahal belum ditetapkan sebagai calon. Terkait hal tersebut sejumlah pihak mendesak Bawaslu untuk menindak dugaan pelanggaran pemilu karena melakukan kampanye sebelum waktunya.

“Seharusnya kan jangan memanfaatkan celah. Sebab belum ditetapkan sebagai paslon capres-cawapres. Sebaiknya begitu,” kata Ratna, Kamis (30/8) seperti dikutip dari CNN.

Ratna mengatakan jikapun ada laporan mengenai dugaan pelanggaran, Bawaslu belum bisa menindaklanjutinya karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan peserta pemilu. Karena itu, kegiatan-kegiatan yang dituding kampanye sekarang ini belum bisa dikategorikan pelanggaran pemilu.

“Kami memahami tuntutan publik yang sangat besar terhadap kewenangan Bawaslu. Tapi publik juga harus paham bahwa kami juga bekerja sesuai aturan undang-undang. Tidak boleh ada tindakan kami yang melampaui undang-undang,” kata Ratna.

Baca juga : Manfaatkan Celah Hukum Bacaleg Makin Agresif Kampanye

Sementara itu, Komisioner KPU Wahyu Setiawan menilai pernyataan elite partai politik sangat memengaruhi sikap dan tindakan para simaptisan partainya. Karena itu, Wahyu meminta mereka dapat menahan diri dan ikut mendorong seluruh masyarakat menjaga ketertiban menyongsong pemilu serentak 2019.

“Para elite diharapkan menjadi juru damai politik yang mengedukasi, tidak malah menciptakan pernyataan-pernyataan yang berpotensi mengobarkan konflik sosial,” kata Wahyu saat dihubungi.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyerukan ganti presiden dalam Pilpres 2019 saat mengisi acara di hadapan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Hal itu ditanggapi Sekjen PPP Arsul Sani yang menyebut pernyataan Zulhas bermuatan politis dan terkesan mengampanyekan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih awal dari jadwal kampanye yang sudah ditetapkan oleh KPU, yakni dimulai pada 23 September 2018.

Di sisi lain Demokrat dan Gerinda menyoroti papan reklame terpampang di salah satu ruas jalan di Palembang, Sumatera Selatan. Papan reklame itu memuat gambar Jokowi tengah mengendarai motor chopper, dengan tulisan ‘Jokowi itu keren & gaul, #2019TetapJokowi’.

Kedua partai opisisi itu menuding Jokowi telah melakukan kampanye di luar jadwal. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*