fbpx

20 Bank Di Purwokerto Siap Layani Penukaran Kartu GPN

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, PURWOKERTO – Masyarakat di Purwokerto kini bisa melakukan penukaran kartu anjungan tunai mandiri (ATM) debet/biasa menjadi kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) menyusul komitmen 20 bank yag siap melayani penukaran tersebut.

Detasir Kepala KPw BI Purwokerto Rini A.W. Hartanti mengatakan sebanyak 20 bank yang ada di wilayah kerja kantor Perwakilan BI Purwokerto menyatakan kesiapannya untuk melayani penukaran kartu berlogo GPN.

“Mereka akan terlibat dalam kegiatan ‘launching’ (peluncuran) dan Kampanye GPN yang akan kami gelar pada tanggal 19 Agustus 2018 di Alun-Alun Purwokerto,” kata Rini A.W. Hartanti saat konferensi pers yang digelar usai Sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional di Graha Satria, Sekretariat Daerah Banyumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin sore.

Rini A.W. Hartantimengatakan 20 bank/perbankan tersebut terdiri atas BCA, BNI, BNI Syariah, BPD Jateng, BRI, BRI Syariah, BTN, CIMB Niaga, KEB Hana, Mandiri, Mandiri Syariah, Mandiri Taspen, Maspion Bank, Maybank, Muamalat, Panin, Sinarmas, Sinarmas Syariah, Woori Saudara, dan Danamon.

Setelah peluncuran dan Kampanye GPN, kegiatan akan dilanjutkan dengan pekan penukaran kartu yang digelar pada tanggal 20 s.d. 27 Agustus dan masing-masing bank telah menyiapkan sejumlah kartu untuk melayani nasabahnya.

Menurut Rini A.W. Hartanti, selama pekan penukaran kartu, nasabah dapat menukarkan kartunya di berbagai lokasi yang telah ditentukan atau di kantor cabang masing-masing perbankan.

Baca juga : 5 Bank Gelontorkan Rp3,3 Triliun Untuk Proyek Kunciran-Serpong

“Mengacu kepada milestone GPN yang telah disusun, Bank Indonesia menargetkan pada tahun 2018 terlaksana percepatan fase acceptance (penerimaan). Di akhir Desember 2018 paling tidak 30 persen masyarakat Indonesia aware dengan kartu GPN,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Selanjutnya, di akhir Desember 2019 sebanyak 100 persen masyarakat sudah sadar (aware) dengan GPN dan pada tanggal 1 Januari 2022, sudah 100 persen masyarakat memiliki dan menggunakan kartu berlogo nasional. Dalam hal ini, paling sedikit satu kartu ATM/debet berlogo nasional untuk masing-masing nasabah

“Dengan demikian, pada akhirnya kebijakan GPN yang telah dikomunikasikan oleh BI dan stakeholder telah menjadi bagian dari setiap aktivitas masyarakat. Tentunya hal ini juga dapat terlaksana sesuai dengan milestone jika seluruh pihak yang berkaitan dapat saling sinergi,” kata Rini A.W. Hartanti.

Sementara itu, Penjabat Bupati Banyumas Budi Wibowo meminta seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Banyumas untuk meneruskan informasi yang mereka peroleh terkait dengan GPN kepada semua pegawai di OPD-nya.

“Kemudian diharapkan proaktif. Artinya, kita harus proaktif terhadap apa yang menjadi perintah atau instruksi dari Bapak Presiden sehingga target akhir 2019, sedapat mungkin Banyumas sudah mencapai 100 persen karena (kartu berlogo GPN) banyak manfaatnya,” kata Budi Wibowo. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *