Press "Enter" to skip to content

Ramada Suites Solo, Paduan Tematik Eropa Klasik dengan  Tradisional Jawa Grand Opening 

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Ditandai dengan tarian epik Ramayana dengan latar belakang miniatur candi Prambanan, Ramada Suites Solo by Wyndham, tipe resort hotel bintang empat yang merupakan properti terbaru milik Sun Motor diresmikan pembukaannya oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata. Dadang Rizki Ratman, Sabtu (21/7) malam.

Ramada Suites Solo ini beralamat di Jalan Adi Sucipto No 56B, Gajahan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah,mengusung konsep yang unik , sebut saja tematik hotel yakni hotel dengan konsep desain perpaduan antara klasik Eropa dan tradisional Jawa.

Dadang Rizki Ratman dalam sambutannya mengatakan pilihan yang dilakukan oleh pengelola Ramada Suit Solo yang memadukan tema bangunan hotel bergaya candi Prambanan dengan sajian tarian tradisional Jawa “Ramayana” itu sangat pas dengan minat wisatawan mancanegara yang berkunjung ke destinasi wisata Indonesia.

Baca jugaHarga Telur Rp 27.000/Kg TPID Gelar Operasi Pasar

“Saya optimis target menarik wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta orang dapat tercapai kalau pelaku industri wisata menerapkan daya magnet budaya lokal untuk menarik minat pengunjung. Karena dari penelitian Kementrian Pariwisata, turis mancanegara hampir 60 persen menaruh minat pada destinasi budaya,”papar Dadang Rizki yang membenarkan pilihan segmen pasar hotel Ramada dengan sajian budaya Jawa termasuk kuliner lokal Solo yang telah go internasional seperti nasi liwet, thengkleng serta gudheg.

Sementara Imelda Sundoro Founder Sun Motor Group didampingi Presiden Direktur Sun Motor Group, Hartono Hosea serta David Wray Senior Vice Presiden Acqusition and Development Wyndham Destinations mengatakan pihaknya ingin tampil beda saat membangun hotel ke 16 di grup Sun Motor. “Bangunan Ramada Suites Solo terinspirasi dari warisan budaya lokal yang unikdenganmemadukan unsur kerajaan tradisional Jawa dan arsitektur modern. Desain 136 kamar dikemas apik dalam tiga lantai bangunan utama dan hunian dua lantai, dilengkapi dengan halaman danakses pejalan kaki, taman yang luas, area barbecue serta replika candi Prambanan yang merupakan ikon candi di Jawa Tengah,”papar Imelda Sundoro.

ramada
Ramada Suites Tampil Beda | Foto : istimewa/joss.co.id/Tono

Diakui oleh Imelda awalnya tanah miliknya seluas sekitar 21 hektar di pinggir jalan Adi Soecipto, Solo itu digunakan untuk hunian seperti residence, namun pada perjalannya secara hitungan bisnis kurang layak akhirnya bangunannya dirombak menjadi hotel tipe resort seperti Ramada hotel ini. “Jadi kalau dihitung sebelumnya ada aset tanah 21 hektar nilainya sekitar Rp 200 miliar, pihak Sun Motor Group harus membenamkan investasinya baik untuk membongkar bangunan lama dan membangun bangunan berkonsep hotel  ya sekitar Rp 50 miliar,”papar Imelda saat menjawab pertanyaan nilai investasi yang ditanam untuk membangun Ramada Suites Solo.

Sementara Presiden Direktur Sun Motor Group, Hartono Hosea memaparkan sebelum membangun Ramada Suite Solo pihaknya melakukan studi banding ke Eropa dan Amerika. “Bagaimana selera wisatawan mancanegara,akhirnya dipilih konsep perpaduan Eropa klasik dengan Jawa tradisional yang menjadikan Ramada Suite Solo tampil beda dan berani bersaing dengan puluhan hotel berbintang yang terlebih dulu ada di Solo,”tutur  Hartono Hosea.

Sementara David Wray Senior Vice Presiden Acqusition  and Development Wyndham Destinations  mengatakan pihaknya optimis dapat menggaet tamu baik wisatawan nusantara (Wisnu) maupun wisatawan mancanegara (Wisman) untuk tinggal dan menginap di Ramada Suites Solo. “Solo memang telah dijadikan daerah tujuan wisata khususnya bagi wisatawan yang inginmenikmati sajian sejarah kekayaan buadaya Jawa. “ujar David.

David menambahkan wisatawan akan menyukai perpaduan pasar tradisional dengan pasar modern (mall) , menikmati alam pedesaan yang mengelilingi kota serta pertunjukkan seni tradisional yang ditampilkan. Masa lampau kota Solo sebagai pusat kerajaan Mataram masih memiliki daya pikat yang tinggi bagi wisatawan,”tutur David.

Ditambahkan oleh David, Ramada Suites Solo menawarkan kolam renang bagi para tamunya, area bermain anak, pelayanan pijat Spa, pusat kebugaran dan akses rute jogging sendiri. “Tamu hotel juga dapat menikmatihidangan sesuai selera masing-masing, baik internasional maupun tradisional di Ramayana Restaurant atau pilihan menu seperti bir, wine, cocktail dan jus di Ganesha Lounge Bar,”tutur David.(ton/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id