Pemerintah Bakal Menambah Subsidi Solar Segini Besarannya

solar
Ilustrasi tempat pengisian bahan bakar minyak | Foto : instagram
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemerintah bakal menambah subsidi bagi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar menjadi Rp2.000/liter guna menyesuaikan harga minyak dunia yang terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengatakan keputusan pemerintah untuk menaikkan subsidi solar dari Rp1.500 menjadi Rp2 ribu per liter sudah final.

Menurut dia penambahan subsidi bagi BBM jenis Solar dapat dilakukan meski tak ada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2018.

Pemerintah, lanjut dia akan menyiapkan mekanisme khusus guna menambah anggaran subsidi tersebut. Namun, ia masih enggan merinci mekanisme tersebut.

“Bisa (ditambah subsidinya) di tahun ini. Nanti mekanismenya akan disiapkan pemerintah,” katanya seperti dikutip dari CNN, Rabu (11/7).

Penambahan subsidi tanpa APBNP, menurut dia bisa dilakukan jika anggaran subsidi nantinya kurang di tengah jalan. Namun, sampai saat ini, Kemenkeu belum menerima laporan dari PT Pertamina (Persero) ihwal realisasi kecukupan subsidi Solar hingga semester I kemarin.

“Secara prinsip ya sudah sama antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Tapi saya belum terima laporan soal realisasi subsidi dari Pertamina,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa pemerintah tidak akan mengubah APBN sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

Kebijakan tersebut diambil karena  pemerintah tidak melihat pembengkakan dari sisi belanja akibat kenaikan harga minyak. Ia memproyeksi realisasi belanja di akhir tahun nanti akan mencapai Rp2.271,3 triliun, atau 99 persen dari target APBN Rp2.220,65 triliun.

Baca juga : Menkeu Janjikan Insentif Bagi Pemda Yang Mampu Kurangi Sampah Plastik

Di sisi lain, penerimaan hingga akhir tahun nanti akan mencapai Rp1.903 triliun atau lebih tinggi 0,5 persen dari target APBN 2018 sebesar Rp1.894,72 triliun. Ini lantaran kenaikan harga minyak dan depresiasi rupiah mendongkrak Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) migas.

Sepanjang semester I 2018, rata-rata harga minyak mentah Indonesia ada di angka US$66,55 per barel atau lebih tinggi dari asumsi APBN 2018 yakni US$48 per barel. Sementara itu, menurut data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah sudah terdepresiasi 6,36 persen antara Januari hingga Juni.

Maka, tak heran jika PNBP migas pada semester I tumbuh 47,9 persen. “Karena postur APBN cukup baik dan tidak mengalami deviasi yg besar dari sisi penerimaan dan belanja negara, dan defisit lebih kecil dari yang direncanakan, maka presiden menyampaikan bahwa untuk APBN 2018 ini kami tidak melakukan APBN perubahan,” katanya.

Di tahun ini, pemerintah mengalokasikan subsidi energi sebesar Rp94,5 triliun yang terdiri dari subsidi BBM dan elpiji sebanyak Rp46,9 triliun dan subsidi listrik sebanyak Rp47,7 triliun. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*