Menkeu Kaji Uang Pensiun Untuk ASN dan TNI-Polri Gaji Utuh

gaji utuh
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah menimbang usuluan terkait uang pensiunan ASN | Foto : kemenkeu.go.id/kemenkeu foto/biro kli-agus
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengkaji usulan para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun TNI dan Polri bisa mendapatkan pensiun dengan gaji utuh atau take home pay di masa tuanya, tidak lagi hanya memperoleh gaji pokok seperti yang terjadi saat ini.

“Jadi pemikiran ini untuk bagaimana membuat pensiun dari ASN, TNI dan Polri termasuk ASN di daerah untuk bisa diperbaiki dari sisi manfaat yang diperoleh,” kata Sri Mulyani saat ditemui di Jakarta, Selasa (26/6).

Menurut dia, kajian untuk mengubah sistem pensiun dari saat ini skema manfaat pasti menjadi kontribusi pasti agar para pensiunan ASN maupun TNI/Polri bisa memperoleh pensiun yang lebih sesuai. Namun dia belum mengatakan bentuk model pensiun take home pay yang dimaksud, tetapi menurut dia skemanya mencakup penyaluran gaji pokok maupun tunjangan lainnya akan diberikan kepada para pensiunan tersebut.

Namun semuanya masih harus dihitung secara cermat terlebih dahulu, mengingat penerapannya akan berdampak pada kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara keseluruhan. “Karena ada implikasi APBN dan APBD, kita perlu menyampaikan ke daerah, termasuk di dalam rencana APBN kita ke depan,” ujarnya.

Baca juga300 Sektor Industri Dapat Keringanan Pajak

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung setelah mengikuti rapat terbatas terkait pensiun ASN maupun TNI/Polri mengatakan pemerintah sedang memikirkan untuk mereformasi sejumlah aturan terkait pensiun.

Reformasi skema pensiun ini dilakukan untuk mendorong produktivitas maupun kesejahteraan ASN serta TNI/Polri dan agar para pensiunan ini tidak mengalami kesulitan di hari tua.

Berbagai reformasi yang diupayakan mencakup pembentukan lembaga baru untuk mengelola dana pensiun serta skema pemberian dana pensiun yang baru.

“Tapi intinya adalah ingin memberikan kesejahteraan yang lebih baik kepada para pensiunan karena keprihatinan kita yang mendalam bagi ASN kita, begitu pensiun langsung drop,” tutur Pramono (ant/awo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*