Press "Enter" to skip to content

Pantai Klayar Suguhkan Eksotisme Air Mancur

Mari berbagi

JoSS, PACITAN – Ke mana tujuan anda pada akhir pekan ini? Jika sedang melakukan perjalanan ke timur, cobalah singgah di Pacitan.

Daerah kelahiran Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono ini memiliki beragam tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Pacitan terkenal dengan gua dan pantainya. Tahukan anda, ada sebuah pantai yang tersembunyi dibalik perbukitan bernama Pantai Klayar.

Keindahan dan eksotika pantai ini sungguh menakjubkan, karena keaslian sumber daya alamnya. Suasana pantai yang masih sepi dan alami, pasir putih dengan deburan ombak di antara karang-karang yang menjulang.

Terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Kondisi alamnya yang masih perawan dan belum banyak tersentuh modernisasi memukau pengunjung untuk membuktikan keindahannya.

Baca juga : Gua Gong Pacitan Keindahan Stalagtit dan Stalagmitnya Telah Mendunia

Bahkan pada hari libur, tidak sedikit wisatawan luar daerah yang sengaja berkunjung ke pantai yang berjarak 37 kilometer arah barat Kota Pacitan itu.

Berbagai keunikan juga bisa pengunjung saksikan di Pantai Klayar ini mulai dari batu karang raksasa yang berbentuk seperti Sphinx, air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter, hingga bebatuan dengan bentuk yang unik di antara hamparan pasir putih yang luas.

Ombak di Pantai Klayar tergolong cukup besar, bagi wisatawan harus berhati-hati bila ingin menikmati deburan ombak atau berenang di tempat ini.

Selain bermain pasir, berenang, dan berfoto-foto, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Pantai Klayar dari atas gardu pandang yang telah disediakan di tempat ini.

Untuk menuju obyek wisata di bibir Samudera Indonesia itu, wisatawan dapat memilih dua jalur.

Jika mereka datang dari arah Solo, Jawa Tengah, bisa melewati rute Donorojo-Kalak-Klayar. Namun jika mereka berasal dari arah Pacitan, wisatawan dapat melalui rute Punung-Bomo-Klayar. Kondisi jalan beraspal dan cukup mulus.

Sementara itu jika anda datang dari arah kota Yogyakarta, bisa melalui Kota Wonosari di Gunungkidul lalu ke timur menuju ke arah Pathuk dan lanjur ke arah Kota Wonosari.

Dari sana perjalanan di lanjut ke Pracimantoro. Setelah itu ke Giribelah, nanti akan melewati daerah Punung. Setelah daerah Punung nanti di kanan jalan ada papan nama Pantai klayar.

Silahkan ikuti petunjuk, menuju Pantai Klayar tersebut. Perjalanan menuju ke lokasi akan melalui jalan berbukit, dengan medan yang berkelok-kelok dan sesekali menanjak. Jadi pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan yang baik. (tor/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id