Press "Enter" to skip to content

Gua Gong Pacitan Keindahan Stalagtit dan Stalagmitnya Telah Mendunia

Mari berbagi

JoSS, PACITAN – Jangan mengaku traveler sejati jika anda belum mencoba menyusuri Gua Gong Pacitan di Jawa Timur. Satu tempat wisata di Pacitan yang populer dan memegang predikat sebagai wisata goa terindah se-Asia Tenggara

Pesona Gua Gong Pacitan ini bersumber dari panorama indah stalaktit dan stalagmit yang dapat Anda temui tatkala menyusuri goa tersebut selama kurang lebih 2 jam.

Memulai petualang menyusuri gua dengan alat penerangan yang memadai, anda dapat menikmati formasi stalaktit dan stalakmit sangat indah yang sepanjang dinding gua. Bahkan keindahan ornamen alam itu telah tersohor hingga ke mancanegara.

Gua Gong Pacitan memiliki kedalaman goa sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Gua ini muncul sebagai akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Di ujung lorong, anda akan menikmati sebuah ruangan besar dengan lebar sekitar 40 meter dan panjang 100 meter, sementara itu bagian atap membentuk kubah raksasa dengan ketinggian sekitar 20-30 meter membuat gua ini layaknya ballroom mewah dengan hiasan stalaktit dan stalakmit bak dinding marmer yang membuat wisatawan berdecak kagum.

Untuk mengabadikan keindahan ornamen alami itu bahkan beberapa di antaranya diberi nama seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dan lain sebagainya.

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Petunjuk untuk menuju gua ini cukup jelas, jalanan menuju Gua Gong juga cukup baik.

Untuk menuju mulut gua, dari area parkiran anda masih menempuh perjalanan kaki sejauh 200 meter.

Tarif masuk kawasan wisata Gua Gong ini relatif murah dengan membayar retribusi sebesar Rp 15.000 per orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak anda sudah bisa menikmati keindahan alam berkelas dunia.

Darmin, seorang pemandu wisata Gua Gong, Jumat (6/7) kepada JoSS.co.id mengatakan dinamakan Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh.

Baca juga : Cirebon Kembangkan Wisata Sungai Kriyan, Tasik Kembangkan Galunggung

Sementara itu berdasarkan kisah masyarakat lokal, penamaan gua ini karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam gua, yangs ebetulnya adalah hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut.

Bunyi yang dihasilkannya terdengar harmonis dan indah, bahkan jika Anda berada di pintu masuk gua tersebut.

Awalnya Goa Gong diketemukan oleh dua orang penduduk lokal yang tanpa sengaja sedang ingin mencari sumber air.

Gua Gong merupakan lokasi wisata yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan. Jumlah pengunjung selama liburan panjang mencapai 3.000-4.000 orang per hari. Sementara pada Sabtu dan Minggu, rata-rata wisatawan hanya 1.500–2.000 orang per hari.

Secara geografis, Kabupaten Pacitan terletak di wilayah barat daya Jawa Timur, memiliki bentang alam yang tersusun dari pengunungan kapur yang kurang subur untuk dijadikan lahan pertanian.

Kandungan hara yang dimiliki tanah di wilayah Pacitan ini termasuk sedikit, dengan demikian kriteria tanah di Pacitan tergolong  gersang. Kontur ketinggian tanah di wilayah Pacitan secara umum justru lebih membuka potensi wisata alam, salah satunya Goa Gong Pacitan ini.

Goa Gong secara administratif berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, berjarak sekitar 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan. Objek wisata goa di Jawa Timur yang satu ini dikelilingi oleh pegunungan, sebelah utara adalah gunung Manyar, sebelah selatan gunung Karang Pulut, sebelah timur Gunung Gede, dan sebelah barat adalah gunung Grugah. Keempat gunung ini adalah gunung non-aktif. (tor/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id