Press "Enter" to skip to content

Ayo ke Prambanan Ada Festival Taman Nasional

Mari berbagi

JoSS, SLEMAN JOGJA – Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam di Candi Prambanan pada 6-8 Juli 2018.

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Ditjen KSDAE, Dody Wahyu Karyanto menjelaskan dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam 10 Agustus mendatang, pemerintah menyelenggarakan Festival TN dan TWA.

“Kami berharap, masyarakat bisa lebih mengenali potensi keindahan alamnya, keanekaragaman tumbuhan dan satwanya dan berbagai atraksi wisata yang dimilikinya negara kita ini,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima JoSS.co.id, Jumat (6/7).

Pada kesempatan yang sama, Direktorat PJLHK juga akan meluncurkan beberapa produk layanan wisata alam di kawasan konservasi yakni aplikasi android. “Wisata Alam Indonesia”, jingle “Ayo Ke Taman Nasional”, serta aplikasi tiket elektronik wisata konservasi.

“Masih banyak masyarakat yang kesulitan menemukan informasi yang tepat dan akurat mengenai taman nasional dan taman wisata alam, sehingga kami membangun aplikasi informasi Wisata Alam Indonesia,” tegasnya.

Hal ini dapat diunduh di Apps playstore, serta jingle “Ayo Ke Taman Nasional. “Berharap akan membangun kelekatan pesan kita dengan produk-produk wisata yang sedang kami promosikan,” tutur Dody.

Menurutnya, pesatnya pemakaian jaringan media sosial oleh masyarakat saat ini dapat meningkatkan efektivitas, dan memperluas jangkauan promosi dan publikasi

Baca juga : Kawasan Wisata Borobudur Dikembangkan Ke Purworejo

Humas Kiad Media Kreatif Nungqi selaku event organizer acara tersebut menuturkan mengacu pada acara serupa tahun lalu di Banyuwangi yang terbilang sukses, pihaknya optimistis acara ini memberi dampak yang besar dalam industri pariwisata di Tanah Air khususnya Jawa Tengah dan DIY.

“Kegiatan ini juga diharapkan membuka prespektif baru untuk promosi wisata Indonesia dan turut mendukung target kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara di Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut Nungqi menuturkan even ini bertempat di Pelataran Siwa Mandala – Candi Prambanan Yogyakarta, Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Indonesia.

Menghadirkan 35 Taman Nasional dan 11 BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) yang akan menampilkan informasi Taman Wisata ALam di wilayahnya, 2 Dinas Pariwisata, 4 Perusahaan IUPSWA, 5 NGO pemerhati Hutan dan Lingkungan, 5 Operator Travel dan 5 Komunitas Peduli Lingkungan serta media partner.

Nungqi menuturkan serangkaian acara yang bertujuan mengedukasi, menginformasi dan mempromosikan keberadaan dan tata cara berwisata alam yang tepat akan digelar selama festival berlangsung.

Beragam acara akan memeriahkan festival ini, seperti pameran yang diikuti oleh Balai Besar Taman Nasional dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam serta berbagai pihak yang bergerak di wisata alam.

Kegiatan bertaraf internasional ini terdiri dari talk show dengan berbagai tema, festival seni dan budaya, festival film pendek, festival fotografi, National Park Travel Fair, Open Trip ke Taman Nasional, serta Marathon Mountain Bike Taman Nasional Gunung Merbabu ke Taman Nasional Gunung Merapi. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id