Press "Enter" to skip to content

Desa Wisata Nglinggo, Sajikan Nuansa Yang Berbeda Dari Jogja

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Ke Jogja belum lengkap rasanya kalau tidak menyusuri Jalan Malioboro. Ungkapan tersebut memang sudah menjadi slogan yang wajar di kalangan pelancong.

Namun bukan pelancong namanya, jika anda tidak mencoba hal yang baru selain menikmati eksotisme kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta.

Adapun Desa Wisata Nglinggo yang terletak disebuah dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo Yogyakarta yang sayang untuk anda lewatkan pada libur Lebaran kali ini.

Suasana sejuk dan pemandangan perkebunan teh yang akan memanjakan mata ditawarkan oleh objek wisata ini. Nglinggo berada wilayah tertinggi di Perbukitan Menoreh.

Sebagai desa wisata terbaik, se-DIY 2018, Nglinggo menawarkan panorama kebun teh sebagai sajian utamanya. Selain itu pemandangan wilayah Magelang dan Purworejo juga ada di beberapa bukit yang berada di desa ini.

Kebun Teh Nglinggo ini akan lebih indah jika dinikmati pada pagi hari. Jika tidak terhalang kabut atau mendung, kita dapat menyaksikan Matahari timbul di ufuk Timur dengan latar Gunung Merapi Merbabu seperti lukisan masa kanak-kanak terpacak di sisi Timur Laut horison. Ditemani udara pagi yang sejuk tentu pengalaman ini bakal lebih menyegarkan.

Kendati berada di dataran tinggi, desa wisata ini gampang dijangkau menggunakan taksi konvensional serta taksi online. Jalan menuju Nglinggo telah diperbaiki dengan program Bedah Menoreh. Bila berangkat menggunakan taksi online dari Wates, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp160.000.

Toilet, warung makan, hingga guest house yang representatif bagi wisatawan, tersedia di sini. Fasilitas lain adalah jip offroad untuk pegunungan dan wisata edukasi penanaman teh, cengkih, dan kopi.

Lantaran berada di kawasan wisata Nglinggo-Tritis, Anda juga bisa pergi ke Puncak Bukit Widosari yang berada di Dusun Tritis. Ketika memasuki wilayah Tritis, pengunjung tidak perlu membayar lagi karena telah masuk dalam satu tiket retribusi yang sama.

Puncak Widosari yang berada di Desa Wisata Triris baru selesai dibangun awal tahun ini dan memiliki panorama yang apik. Kita dapat melihat Gunung Merapi-Merbabu di sebelah Timur Laut sampai pesona alam Purworejo tanpa terputus. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id