Press "Enter" to skip to content

Usai Lebaran, Harga Daging Ayam Masih Tinggi

Mari berbagi

JoSS, PURWOKERTO – Empat hari Lebaran 2018 harga daging ayam ras di pasar tradisional Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, masih tinggi yaitu mencapai Rp50.000 per kilogram, meski turun dari sebelumnya yang mencapai Rp60.000 per kilogram saat Lebaran.

Dikutip dari Antara, berdasarkan dari pantauan di sejumlah pasar tradisional di wilayah ini menyebutkan harga komoditas masih bertahan tinggi. Di Pasar Wage, Purwokerto, Selasa, harga daging ayam ras saat sekarang sebesar Rp50.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang daging ayam ras, Munaroh mengakui jika harga komoditas tersebut beranjak turun dibandingkan dengan sebelumnya karena sebagian pedagang mulai berjualan setelah libur selama beberapa hari sejak Lebaran.

Meski demikian, lanjut dia harga tersebut masih termasuk tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya yang rata-rata Rp33.000 per kilogramnya. Dia meyakini, daya beli masyarakat akan turun mengingat tingginya harga daging ayam saat ini.

Selain itu, kata dia, pasokan ayam ras juga mulai lancar setelah sempat tersendat akibat kemacetan di sejumlah ruas jalan yang berdampak pada peningkatan biaya operasional sehingga harga komoditas tersebut naik.

“Kemarin saat Lebaran hari kedua, harga daging ayam ras mencapai Rp60.000 per kilogram dan kebetulan cuma saya yang jualan,” katanya.

Ia memperkirakan harga daging ayam ras akan berangsur turun dalam beberapa hari ke depan hingga akhirnya kembali normal pada kisaran Rp32.000-Rp33.000 per kilogram.

Sama halnya dengan Pasar Wage, harga daging ayam ras di Pasar Manis pun beranjak turun meskipun saat ini masih mencapai kisaran Rp50.000 per kilogram.

“Harganya masih tinggi karena pasokannya belum lancar. Mungkin dalam beberapa hari ke depan akan berangsur turun,” kata Siti, salah seorang pedagang daging ayam ras di Pasar Manis.

Salah seorang ibu rumah tangga, Evi, mengaku terkejut terhadap lonjakan harga daging ayam ras yang saat sekarang mencapai Rp50.000 per kilogram.

“Kenaikan harganya sangat tinggi. Padahal kemarin, sehari sebelum Lebaran masih berkisar Rp43.000-Rp44.000 per kilogram,” katanya.

Ia mengharapkan harga daging ayam ras dapat segera turun dan kembali normal seperti sebelumnya yang berkisar Rp32.000-Rp33.000 per kilogram. (ant/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id