Press "Enter" to skip to content

Kantor Staf Presiden Manjakan Pemudik Dengan Situs Terintegrasi Info Mudik

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemerintah melalui Kantor Staf Presiden (KSP) memanjakan pemudik pada Lebaran 2018 dengan membuka situs infomudik.go.id yang menyajikan info lengkap mulai dari info terbaru dari kementerian, lembaga dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang tugasnya berkaitan dengan penyediaan mudik yang nyaman, aman dan sehat.

Kementerian Perhubungan menjadi lembaga yang menyediakan info terbaru yang bermanfaat bagi pemudik, diikuti Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementeria Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Dari jajaran BUMN PT Jasa Marga, PT Asuransi Jasa Raharja, PT Telkom, PT Pertamina, PT Angkasa Pura 1 dan 2, PT Waskita Karya dan PT Pelabuhan III.

Untuk konten yang ditawarkan, selain dari kementerian, lembaga dan BUMN juga disajikan info cepat tentang Mudik Darat, Mudik Laut, Mudik Udara, Mudik Jalur Kereta Api, Mudik Gratis Transportasi Bus dan Mudik Gratis Transportasi Roda Dua. Juga ada google maps yang bisa memandu mencari jalur yang lebih cepat dan tidak macet, serta untuk memandu menemukan rest area yang terdekat.

Situs yang diinisiasi KSP ini juga memajang nomer kontak penting seperti 119 untuk permintaan bantuan Ambulans, 110 untuk melaporkan Gangguan Keamanan, 151 untuk Informasi Jalur Perjalanan, nomer 14080 untuk Informasi Jalan Tol dan 1500567 untuk Informasi Kesehatan. Setiap hari juga ditampilkan berita seputar mudik dari berbagai moda dan kegiatan yang berkaitan.

Yang ingin dicapai dari situs ini adalah mengintegrasikan semua informasi yang sebelumnya terpisah di masing-masing situs kementerian, lembaga dan BUMN. “Dengan situs ini, semuanya terintegrasi.  Ini merupakan terobosan yang dilakukan KSP untuk mudik lebaran 2018 sebagai langkah memudahkan para pemudik mendapatkan informasi yang mereka butuhkan hanya lewat satu pintu,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, dalam pernyataan resminya di situs KSP, yang dikutip Minggu (10/6).

Menurut Moeldoko, informasi yang disajikan cukup lengkap. Mulai dari layanan kamera pemantau (CCTV) yang memantau jalur mudik yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga, kemudian lokasi pengisian bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina. Juga perkiraan cuaca dari BKMG, disajikan secara real time.

Selain kerja sama dengan semua kementerian dan lembaga, infomudik.go.id juga menjalin kerja sama dengan pihak swasta yang memiliki program mudik untuk masyarakat sehingga portal ini benar-benar lengkap dan terpadu. Dalam konteks ini yang terlihat nyata adalah kerja sama dengan Google Maps untuk memberikan solusi bagi para pemudik mencari info jalur mudik, baik melalui jalan tol maupun jalan alternatif. Google Maps juga menawarkan kemudahan mencari rest area sepanjang perjalanan mudik.

“Google Indonesia sangat antusias dalam mendukung portal infomudik.go.id sebagai wujud partisipasi Google untuk turut menyukseskan mudik Lebaran 2018. Adanya terobosan kreatif portal infomudik.go.id diharapkan dapat mempermudah masyarakat melakukan perjalanan mudik yang lebih lancar, aman, dan nyaman,” kata Moeldoko.

Selain membuka layanan Info Mudik Terintegrasi, KSP juga menerjunkan tim ke lapangan untuk memantau hal-hal yang krusial agar bisa segera diselesaikan. Mereka ditempatkan di titik kritis jalur tol fungsional; seperti ruas Pejagan – Pemalang, Pemalang –Batang, Batang – Semarang dan Salatiga –Solo serta Solo Ngawi. (awo)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id