Press "Enter" to skip to content

Tol Fungsional Dipakai Untuk Arus Balik Senin Ini

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Ruas tol fungsional mulai Solo hingga Brebes, Jawa Tengah, dijadwalkan dipakai untuk jalur satu arah dari Solo (timur) sampai ke Brebes (arah barat) mulai pukul 06.00 WIB agar arus balik yang diprediksi mulai Senin (18/6) bisa berlangsung lancar.

Ketua Satuan Tugas Jalan Tol Operasi Ketupat Candi 2018, Kombes (Pol) Agus Triatmaja, di Semarang, Minggu (17/6) mengungkapkan Kapolda Jawa Tengah dan Pangdam IV/ Diponegoro akan membuka jalur tol fungsional sebagai titik awal pelaksanaan arus balik.

“Kapolda Jateng Irjen Polisi Condro Kirono dan Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto akan melepas pemudik, lokasinya sekitar 1 km di sebelah timanbangan Kenteng di ruas Salatiga-Solo,” kata Agus Triatmaja yang juga Kabid Humas Polda Jawa Tengah ini.

Hingga H+1 Lebaran, jalur tol fungsional masih bisa digunakan untuk kendaraan dari arah barat ke timur untuk selanjutnya ditutup guna penyiapan arus balik. Rencannya ruas tol fungsional Brebes sampai Solo Minggu sore akan ditutup untuk disiapkan sebagai jalur ke arah barat.

Baca jugaArus Balik Tol Fungsional Solo – Salatiga Dibuka H+2

Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, sebelumnya memang sudah merencanakan membuka jalur tol fungsional Solo-Salatiga mulai 18 Juni untuk lalu lintas kendaraan arus balik Lebaran 2018. Kapolda mengimbau agar masyarakat balik lebih awal, atau setidaknya jangan mepet pada Selasa (19/6) atau Rabu (20/6). Lebih baik meninggalkan Jateng, lebih awal supaya tidak terjadi penumpukan.

“Kendaraan jangan semua melintas Boyolali. Manfaatkan jalan tol fungsional yang dapat mengurangi kepadatan di kota. Tol fungsional akan dibuka dari kawasan sebelah timur Jembatan Kenteng, Senin (18/6), sekitar pukul 06.00 WIB,” kata Kapolda.

Menurut Condro Kirono, jajaran Polda Jateng dan Kodam IV/ Diponegoro bersama pemerintah daerah bersinergi untuk mengamankan para pemudik yang melintas di Jawa Tengah. Baik dalam aruh mudik maupun dalam arus balik.

Kapolda menilai waktu tiga hari terhitung mulai Mingu, masih cukup panjang untuk bisa dipakai kembali ke tempat bekerja. “Ada waktu tiga hari, Senin sampai Rabu (20/6) masih libur cuti bersama. Tolong dimanfaatkan dan diatur yang paling pas menyesuaikan dengan kondisi masing-masing supaya tidak menumpuk di Selasa malam,” katanya.

Dari hasil evaluasi arus mudik, kata Kapolda Jateng, arus mudik cukup lancar. “Kami melihat pada Lebaran tahun ini, terkait kejadian menonjol kriminalitas di Jateng hampir tidak ada,” katanya.

Untuk kejadian kecelakaan lalu lintas di Jateng selama Lebaran tahun ini, dari data yang ada, jumlahnya menurun sebesar sekitar 15 persen, sementara jumlah korban meninggal dunia juga turun 12 persen. Catatan di Polda Jateng, selama arus mudik ada korban meninggal dunia 12 orang dan luka berat 16 orang, sementara jumlah kasus laka lalin tercatat  145 kasus. “Semua kejadian itu terjadi di luar jalan tol.” (ant/imn)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id