Press "Enter" to skip to content

Ratusan Ribu Pemudik Tiba Di Jakarta

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Ratusan ribu pemudik mulai tiba di Ibu Kota Jakarta pada H+8 Lebaran 2018 baik yang masuk melalui Stasiun Senen dan Gambir, maupun yang mengikuti mudik gratis menggunakan moda kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok.

Berdasarkan data Posko Humas Stasiun Pasar Senen, sejak Senin (18/6) – Sabtu (23/6) pukul 15.20 WIB sebanyak 276.227 penumpang turun di stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. sementara dari Stasiun Gambir berjumlah 157.178 pemudik.

Sementara itu jumlah kereta api yang berangkat dan tiba baik di Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir masih ditambah oleh PT KAI, yaitu delapan kereta api di Stasiun Pasar Senen dan 14 kereta api di Stasiun Gambir.

“Jadi total kereta api di Stasiun Senen ada 34 kereta api, sementara di Stasiun Gambir ada 46 kereta api, ada peningkatan tiga persen dibanding tahun lalu,” kata Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta Edy Kuswoyo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6).

Sementara itu, sejak dimulainya arus balik Lebaran 2018, Kementerian Perhubungan mencatat 7.141 penumpang dan 3.097 unit sepeda motor yang menggunakan layanan mudik gratis sepeda motor lewat kapal laut telah tiba di Jakarta. 

Jumlah tersebut merupakan akumulasi selama periode 18-23 Juni 2018.  Khusus di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, sebanyak 2.936 pemudik dan 1.282 unit motor tiba pada Sabtu (23/6), dengan kapal terakhir yang mengangkut pemudik gratis sepeda motor pada tahun ini.

“Pada hari terakhir pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal dari Tanjung Emas, Semarang ke Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (22/6), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan tujuh unit kapal untuk mengangkut pemudik arus balik,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub R. Agus H. Purnomo di Jakarta, Sabtu (23/6).

Ketujuh kapal tersebut terdiri dari 4 unit kapal perintis yaitu KN Sabuk Nusantara 86, 87, 99, dan 107 yang mengangkut 1.406 orang penumpang arus balik peserta mudik serta 2 unit kapal ternak yaitu KN. Camara Nusantara 05 dan 06 yang mengangkut 634 unit sepeda motor.

Baca juga : 5.000 Pemudik Tinggalkan Solo

Satu unit kapal lainnya yakni KM Dobonsolo yang mengangkut 1.530 orang penumpang dan 648 unit sepeda Motor dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tujuan Jakarta.

“Tujuh unit kapal dari Pelabuhan Tanjung Emas hari ini merupakan kapal-kapal terakhir untuk program arus balik mudik gratis dengan kapal yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut pada Lebaran 2018,” terangnya.

Agus memberikan apresiasi kepada semua pihak baik para petugas di lapangan yang telah bekerja keras maupun masyarakat yang telah memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun ini.

Menurutnya, kondisi ini menunjukan semakin membaiknya pemahaman masyarakat yang ingin mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman dengan menggunakan kapal laut dibanding melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Chandra Irawan menyatakan hingga hari terakhir program mudik gratis ini, tercatat ada 16.593 orang pemudik dan 7.264 unit motor yang ikut serta. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id