Press "Enter" to skip to content

Gubernur Di Jawa Bali Hasil Pilkada Serentak 2018

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Hasil penghitungan cepat dari lembaga survey atas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Bali dalam Pilkada Serentak 2018 memperlihatkan pasangan calon Ganjar Pranowo –Taj Yasin Maimoen menang di Jateng, Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum menang di Jabar, Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak menang di Jatim dan pasangan I Wayan Koster – Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menang di Pilgub Bali.

Dari hasil quick count (QC) yang dihimpun dari beberapa lembaga survei yang beraktivitas di Jawa Tengah versi SMRC menunjukkan hasil Ganjar – Yasin  58,57% dan pasangan Sudirman Said – Ida Fauziah 41,43%; versi Indo Barometer Ganjar Yasin 56,71% dan Sudirman Said – Ida Fauziah; sedangkan hasil yang diperoleh LSI memberi angka 58,17% untuk Ganjar – Yasin dan 41,83% untuk Sudirman Ida. Ketiga lembaga survei yang melakukan hitung cepat di Jateng memberi angka kemenangan pada pasangan calon Ganjar-Yasin.

Sementara di Jawa Barat dari dua lembaga survei, yakni LSI dan Indo Barometer memberi angka tertinggi pada pasangan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum masing-masing 32,89% dan 32,33%; sementara menurut LSI pasangan TB Hasanuddin – Anton Charliyan mendapatkan angka 13,04%, Sudrajat – Ahmad Syaikhu 28,39% dan Pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi memperoleh angka 26,24%. Sedangkan Indo Barometer memberi angka TB Hasanuddin – Anton Charliyan mendapatkan angka 12,95%, Sudrajat – Ahmad Syaikhu 28,11% dan Pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi memperoleh angka 26,04%.

Untuk Jawa Timur, dari hasil hitung cepat pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak memperoleh angka lebih tinggi dibanding suara yang diraih pasangan calon Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno. Lembaga survei SMRC memberikan hasil kepada pasangan Khofifah – Emil dengan posisi 52,37% dan 47,63%; sedangan lembaga survei LSI memberi angka Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak 54,33% dan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno 45,67%.

Sedangkan pertarungan dua pasangan calon gubernur – wakil gubernur di Provinsi Bali dari hasil survei yang dilakukan oleh SMRC menunjukkan hasil pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur I Wayan Koster – Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mendapatkan angka 58.25% dan pasangan IB Rai Dharmawijaya Mantra – I Ketut Sudikerta memperoleh angka 41.75%.

KPU mengingatkan dalam konteks ilmiah, sebagai sebuah metodologi hitung cepat atau quick count adalah sah. Namun untuk dasar penetapan pemenang hanya dipakai hasil real count yang dilakukan KPU (Komisi Pemilihan Umum) di provinsi masing-masing selaku penyelenggara Pilgub. (dtc/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id