Press "Enter" to skip to content

PT Pelabuhan Tanjung Emas Siapkan 11 Kapal Angkutan Mudik

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Sebanyak 11 kapal motor (KM) disiapkan oleh PT Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk mendukung pelayanan selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 H yang dimulai H-15 Lebaran.

Kepala Cabang PT Pelni Cabang Semarang Lamson Ompusunggu mengatakan 11 kapal ini disediakan oleh enam kapal dari PT Pelni Cabang Semarang dan lima kapal dari Darma Lautan Utama (DLU) Cabang Semarang.

Dia menambahkan rencananya 10 kapal akan membawa pemudik dari luar Jawa (Kalimantan dan Sulawesi) menuju Semarang dan satu kapal membawa penumpang dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta-Semarang.

“PT Pelni Cabang Semarang menyiapkan sebanyak enam kapal selama arus mudik lebaran, sedangkan lima kapal untuk mengangkut pemudik luar Jawa-Semarang dan satu kapal Jakarta-Semarang,” kata Lamson, Jumat, (25/5).

Sedangkan, satu kapal yaitu Dobonsolo dari Jakarta-Semarang merupakan progam angkutan mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah, Pada progam gratis ini pemudik juga membawa kendaraan sepeda motor.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, progam ini diharapkan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” harapnya.

Adapun, lima kapal itu diantaranya, Egon rute Banjarmasin-Semarang, Lawit rute Pontianak-Semarang, Leuser rute Sampit-Semarang, Kelimutu rute Sampit-Semarang, dan Binaiya rute Kumai-Semarang.

Baca juga : Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Siapkan 4500 Penumpang

Sementara itu,  Manajer Cabang Semarang PT DLU, Herman Fajar mengatakan, untuk angkutan lebaran 2018 melalui jalur laut, pihaknya menyiapkan sebanyak 5 (lima) kapal.

“Untuk tahun ini ada satu tambahan kapal yaitu KM Dharma Rucitra IX dengan rute tujuan Semarang-Kumai,” katanya kepada JoSS.co.id. Jumat, (25/5).

Untuk jalur rute empat kapal lain yaitu, KM Kirana III dan KM Kirana I dengan rute tujuan Semarang-Sampit, KM Ferry VIII dan KM Dharma Kencana dengan rute tujuan Semarang-Pontianak dan KM Dharma Ferry II dengan rute tujuan Semarang-Ketapang.

Untuk tiket, tidak ada kenakan. Namun, pihaknya membuat variasi harga tiket dan dibagi beberapa bagian. Jadi kalau pengguna jasa transportasi laut pulang lebih awal harga lebih murah sedangkan pengguna jasa yang memilih mendekati lebaran harganya sedikit berbeda.

“Tujuannya, agar para pemudik yang menggunakan jalur laut bisa memilih harga tiket yang diinginkan serta meminimalisir penumpukan penumpang,” tegasnya.

Namun, ia mengaku, untuk mudik lebaran tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelum-sebelumnya. Untuk mudik tahun ini libur lebaran akan berbarengan dengan libur sekolah.

“Hal ini diharapkan, para pengguna jalur laut ini bisa pulang lebih awal sehingga tidak menumpuk. Sehingga ketika perjalanan bisa mudik dengan aman dan nyaman,” harapnya.

Sementara, untuk pembelian tiket kapal baik PT Pelni dan DLU sudah menyiapkan aplikasi mobile yang bisa di download secara langsung melalui PlaySote atau Google Play. “Memakai aplikasi ini, masyakakat bisa cek jadwal, harga tarif Keberangkatan kapal, pemesanan dan pembelian tiket dan lainnya,” pungkasnya. (sdk/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id