Press "Enter" to skip to content

Liga U-11 Piala Ketua DPRD Jateng Diputar

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kompetsisi sepakbola nasional antar sekolah sepakbola untuk kategori umur sampai dengan 11 tahun (U-11) mulai diputar di Jawa Tengah dengan sistem kompetisi berjenjang mulai dari kompetisi di tingkat Korwil untuk selanjutnya dilanjutkan di tingkat provinsi dan kemudian nasional. Kompetisi di Jawa tengah yang memperebutkan Piala Ketua DPRD Jawa Tengah 2018 mulai digelar Minggu (13/5) untuk Korwil 1 Jateng dan Korwil 2 Jateng.

Ketua Forum Pembina Sekolah Sepak Bola Indonesia cabang Jawa tengah, yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Liga U-11 tingkat Jawa Tengah, Dwi Budi Prasetyo, mengatakan Korwil 1 Jateng diikuti oleh sekolah sepak bola anggota FOPSSI (Forum Pembina Sekolah Sepak Bola Indonesia) yang ada di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Kendal. Sedangkan Korwil 2 Jateng meliputi Kota Solo, Kabupaten Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, dan Boyolali.

“Dari kompetisi ini diharapkan lahir bibit pemain sepak bola potensial. Pada babak penyisihan bakal dibagi dalam 6 koordinator wilayah atau korwil. Tiap Korwil nanti mengirim 3 sekolah sepak bola pemenang untuk tingkat provinsi,” kata Budi Prasetyo saat menyampaikan kesiapan penyelenggaraan kompetisi kepada Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, baru-baru ini.

Dalam laporannya, Budi menyebutkan untuk Korwil 3 Jateng yang akan digelar Minggu (24/6) diikuti Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan. Sedangkan untuk Korwil 4 akan digelar Minggu (8/7) meliputi Kota Salatiga, Kota /Kabupaten Magelang, Temanggung, Wonosobo dan Kabupaten Kebumen.

Sementara untuk Korwil 5 yang meliputi meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara. Terakhir Korwil 6 akan digelar Minggu (1/7), meliputi Kabupaten Brebes, Kota/Kabupaten Tegal, kota dan Kabupaten Pekalongan serta Kabupaten Batang.

“Pada babak penyisihan SSB yang ikut akan memperebutkan peringkat tiga besar kompetisi untuk mewakili masing-masing korwil untuk maju tingkat Jateng,” tutur Budi Prasetyo.

Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, mengaku senang dengan dimulainya kompetisi U-11 karena akan menjadi ajang pencarian bibit pesepakbola andal di masa mendatang. Kunci pembibitan, kata Rukma, harus dimulai pada tingkat anak-anak sehingga mereka terbiasa ikut kompetisi, kejuaraan maupun turnamen.

Dia menjanjikan untuk para pemenang tidak hanya mendapatkan pila saja, tapi juga disediakan uang pembinaan. “BIar para pembina sekolah sepak bola yang ada menjadi lebih bersemangat,” kata Rukma. Dia pun menyatakan siap mendukung keikut-sertaan kontingen Jawa tengah di kompetisi Liga Muda FOPSSI U-11 Tingkat Nasional yang akan digelar di Bandung akhir tahun ini.

“Kita lakukan kompetisi per korwil dan provinsi sebaik mungkin. Tetap jaga sportivitas anak-anak kita. Bermainlah sebaik mungkin, dan jangan khawatir pemain yang baik namun klubnya tidak lolos kompetisi masih bisa berpeluang terpilih ikut kompetisi,” tukasnya. (awo)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id