Press "Enter" to skip to content

Jelang Ramadan PT KA Lakukan Penggantian Rel Ganda 

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang melakukan pekerjaan penggantian rel ganda kereta api (KA) lama menjelang pelaksanaan arus mudik Lebaran 2018.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto mengatakan pekerjaan penggantian rel itu dilakukan mulai dari Stasiun Tawang, Semarang, hingga Stasiun Karangjati, Grobogan, mulai Senin (7/5).

Dia menambahkan lintasan yang diganti itu terletak di sisi timur salah satu rel, dengan panjang mencapai 25 kilometer. Sementara, rel sebelah barat tidak dilakukan penggantian karena digunakan sebagai lajur perlintasan kereta api seperti biasa.

“Pekerjaan penggantian rel dari tipe R42 ke tipe R54. Pekerjaan penggantian rel itu dilakukan di sela waktu kosong perjalanan kereta api [window time], sehingga tidak menggangu perjalanan kereta,” ujarnya, seperti dikutip dari Solopos, Selasa (8/5).

Suprapto menargetkan pekerjaan penggantian rel itu akan selesai sebelum masa angkut Lebaran 2018, yakni 5-22 Juni 2018. Selain penggantian rel KA di jalur Tawang-Karangjati, KAI Daops IV Semarang juga melakukan hal serupa di beberapa lokasi di wilayah Jateng.

Dalam melakukan penggantian rel itu, pekerja harus menutup lintasan seperti yang terjadi di perlintasan kereta api di Kampung Bugen, Kelurahan Bangetayu Kulon, Semarang.

Sementara itu, terkait kesiapan armada Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menyediakan 23.000 kursi tambahan untuk arus mudik, dengan jumlah gerbong sebanyak 393 kereta api selama masa Lebaran 2018.

Dia menambahkan, pada tahun ini pihaknya juga tengah memesan sebanyak 10 train set atau rangkaian kereta kepada PT INKA. Dari total tersebut, 6 di antaranya sudah beroperasi sedangkan sisanya menyusul.

“Kalau memang sudah ada semua maka tiket akan segera dijual. Saat ini kami masih terus berkoordinasi untuk meminta konfirmasi dari PT INKA terkait kedatangan kereta,” katanya.

Dia mengatakan KA tambahan tersebut nantinya akan dioperasikan di jalur utara dan selatan. Kapasitas total dari KA tambahan tersebut sebanyak 23.000 kursi.

Sementara itu, mengenai kegiatan kunjungannya, Edi mengatakan upaya tersebut rutin dilakukan jelang arus mudik Lebaran.

“Kami inspeksi kesiapan Daop, baik di jalur selatan maupun utara. Sejauh ini tiket H-1 dan H-2 Lebaran memang jadi favorit, tetapi untuk H-5 ke atas masih tersedia banyak, konsumen bisa cari,” katanya.

Sementara itu, pihaknya menargetkan untuk Lebaran kali ini tidak ada kecelakaan maupun komplain dari penumpang.

“Harapannya zero accident dan zero complain. Untuk bisa merealisasikannya kami terus lakukan koordinasi,” katanya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id