Press "Enter" to skip to content

Jelang Galungan Stok Beras di Bali Melimpah

Mari berbagi

JoSS, MANGUPURA BALI – Pemerintah Kabupaten Badung Bali memastikan ketersediaan pangan di Bali menjelang Hari Raya Galungan (30 Mei – 9 Juni 2018) di Pulau Dewata aman hingga sebulan ke depan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Putu Oka Swadiana mengatakan stok beras khususnya di Kabupaten Badung masih tersisa cadangan beras mencapai 2.829,74 ton.

Dia menjelaskan produksi beras di wilayah itu pada April 2018 bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Lebaran mendatang, optimisme itu mengingat hingga kini masih ada sejumlah petani yang belum memanen padinya.

“Produksi beras sampai April 2018 masih mampu memenuhi ketersediaan beras hingga sebulan ke depan dan malah mencukupi hingga Lebaran, karena masih ada petani yang belum memanen padinya,” katanya, Jumat (18/5).

lebih rinci dia menjelaskan, produksi beras dari petani di daerah kabupaten Badung Bali yang sudah dipasarkan mencapai 21.196,14 ton, sementara itu kebutuhan beras oleh masyarakat secara efektif tercatat hingga April 2018 mencapai 18.367,4 ton.

“Artinya masih ada stok beras 2.829,74 ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Mei 2018, belum lagi masih ada petani yang belum memanen padinya pada Mei 2018 ini, jadi di Badung ketersediaan beras diyakini masih aman,” katanya lagi.

Dia menjelaskan, secara keseluruhan stok beras di Bulog Pemkab Badung masih tersedia dengan jumlah 7.000 ton, selain itu dalam waktu dekat Badung juga akan mendapat tambahan beras 8.000 ton.

Baca juga : Bali dan Uttarakand Jadi Provinsi Kembar

Oka Swadiana yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung menerangkan, pemerintah pada September 2017 lalu melalui Kementerian Perdagangan menetapkan harga eceran tertinggi beras medium di Bali mencapai Rp9.450 per kilogram.

Pihaknya menegaskan, untuk mengantisipasi kekurangan beras, Distan Badung memiliki TPID yang menangani hal ini dan melakukan upaya bekerjasama dengan TPID kabupaten/kota di Bali untuk membantu memenuhi ketersediaan beras.

“Sejauh ini Badung belum pernah kekurangan beras, dan jika ada gejala kekurangan beras, pemerintah daerah sudah menyiapkan langkah antisipasinya,” kata Oka, seperti dikutip dari Antara. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id