Press "Enter" to skip to content

Jadwal Penerbangan Ke Solo Masih Aman

Mari berbagi

JoSS, SOLO – PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Surakarta menyatakan saat ini jadwal penerbangan dari dan ke Solo masih aman dari dampak hujan abu vulkanik, menyusul terjadinya erupsi Gunung Merapi pada Jumat (11/5) sekitar pukul 07.40 WIB.

Airport Operations and Service Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo Purwanto di Solo, mengatakan hingga saat ini pantauan Komite Airport Emergency Plane dampak dari erupsi freatik tersebut tidak mempengaruhi wilayah penerbangan di bandara ini.

Dia menambahkan, pihaknya juga mengaku siap untuk menerima pengalihan penumpang atau jadwal penerbanyan dari Jogjakarta menyusul penutupan sementara yang dilakukan Bandara Adi Sucipto siang tadi.

“Hingga saat ini masih aman, belum ada pengalihan jadwal penerbangan juga, tapi kalau ada pengalihan dari Jogja kami siap menerima. Memang Bandara Jogja sempat ditutup, ada penerbangan kembali ke Jakarta dan tidak jadi mendarat,” kata Purwanto.

Ia mengatakan saat ini Bandara Adi Soemarmo masih terus berkomunikasi dengan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Komite Airport Emergency Plane, dan pihak-pihak pemangku berkepentingan terkait alternatif pengalihan penerbangan.?

“Dalam hal ini PT AP I juga mempertimbangkan bandara yang aman dan memungkinkan untuk penerbangan,” katanya.

Sementara itu, hingga saat ini penerbangan rute Solo masih aman dan tidak ada pengalihan ke bandara lain.

Sebelumnya, melalui keterangan tertulisnya, Vice President Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia Ranty Astari Rachman mengatakan maskapai penerbangan Citilink Indonesia kembali mewaspadai perkembangan terkini kondisi dampak erupsi Gunung Merapi.

“Demi menjamin faktor keselamatan dan keamanan penerbangan bagi seluruh penumpangnya, Citilink Indonesia terus memantau perkembangan terbaru dari Gunung Merapi dengan menyiapkan `contigency plan` jika dibutuhkan,” katanya seperti dikutip dari Solopos.

Menurut dia, Citilink Indonesia terus melakukan kordinasi dengan sejumlah instansi dalam mewaspadai segala perkembangan erupsi Gunung Merapi mengingat saat ini Bandara Adi Sucipto dinyatakan ditutup untuk operasional.

“Bagi seluruh penumpang yang penerbangannya terdampak dapat melakukan `reschedule` atau penjadwalan ulang, tanpa biaya administrasi, `reroute` atau mengalihkan rute penebangan ke kota terdekat seperti Solo dan Semarang, dan `full refund` atau pengembalian uang tiket penuh dengan menghubungi call center Citilink Indonesia di 0804-1-080808,” katanya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id