Press "Enter" to skip to content

Film Kartini Tayang Di Texas AS

Mari berbagi

JoSS, TEXAS – Film Kartini karya sineas muda Hanung Bramantyo ditayangkan di Rice University Cinema Houston Texas AS, dan ditonton berbagai kalangan mulai dari akademisi, pengusaha dan juga warga Indonesia yang berada di Amerika Serikat.

Konsul Jenderal RI di Houston, Dr Nana Yuliana menyatakan penayangan film tersebut merupakan upaya diplomasi publik yang mendapat sambutan positif dari mereka yang hadir.

“Kegiatan seperti ini bisa meningkatkan kualitas saling menghormati pemahaman dan hubungan publik antar Negara selain tentu untuk mempromosikan kepada dunia bahwa industri  perfilman kita sudah sedemikian maju,” kata Nana Yuliana seusai pemutaran film di kampus salah satu universitas swasta terkemuka di AS.

Sementara itu Hanung Bramantyo saat diskusi dengan penonton menyatakan skenario film dibuat dengan mendayagunakan referensi sejarah secara maksimal, sehingga perjuangan RA Kartini dalam mendobrak tradisi dan diskriminasi bagi perempuan dalam mendapatkan hak pendidikan, bisa tergambar dengan baik.

Meski kemasan film kental dengan budaya Jawa, kata Hanung, masyarakat Texas bisa mengapresiasi film karyanya dengan jelas.

Di sela-sela acara, Hanung bertemu dengan Direktur Rice Cinema dan Houston Cinema Art Society guna menjajaki peluang kerjasama di bidang perfilman. Salah satunya adalah terbukanya keikutsertaan film-film dari Indonesia ke ajang NASA Cine Space International Film Festival, suatu ajang festival film singkat (maksimal 10 menit) yang digelar di Houston.

Selain itu, sutradara kelahiran Jogja ini juga membuka peluang kerjasama dengan Komunitas Seni dan Film di Houston untuk bekerjasama membuat film di Indonesia. Dia yakin dengan sinergi dan kerjasama, akan lahir film-film berkualitas yang bisa membuka sikap saling pengertian antar bangsa. (*/kmlu/awo/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id