Pemprov Jateng Siapkan Rehabilitasi Rumah Rusak Akibat Banjir

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. (foto: jatengprov.go.id)
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai mempersiapkan rehabilitasi rumah rusak yang terdampak banjir di wilayahnya. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengatakan bahwa penanganan bencana banjir di Kabupaten Demak terus dikebut, dengan menyedot genangan air menggunakan puluhan pompa air.

“Kita dalam hal penanganan sudah berjalan dengan baik, khususnya tanggul yang jebol sudah ditutup beberapa waktu lalu. Ini tinggal penyedotan air menggunakan pompa. Kemarin kalau tidak salah ada 22 pompa yang sudah kita siapkan,” kata Nana di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (26/3/2024).

Nana juga menyebutkan bahwa terkait penanganan pascabencana, beberapa hal sudah disiapkan, termasuk bantuan pembersihan dan perbaikan rumah atau infrastruktur warga terdampak. Pendataan kerusakan sedang dilakukan setelah kondisi lokasi benar-benar surut, dan warga kembali ke rumah masing-masing.

“Dalam hal perbaikan, kami sudah koordinasi dengan BNPB. Kita memang sudah mulai pendataan, mana yang rusak akan kita perbaiki. Jadi ada rusak berat, sedang, dan ringan. Ini sedang kami lakukan pendataan,” ujarnya.

Koordinasi antara Pemprov Jateng, Kementerian PUPR, dan BNPB terus dilakukan untuk penanganan tanggul pascabencana banjir. Koordinasi juga melibatkan instansi lainnya, seperti TNI-Polri, untuk memastikan tidak terjadi lagi bencana serupa di masa depan.

“Kami akan rapat, (tanggul) ini akan kami bahas. Jangan sampai di tahun-tahun yang akan datang terjadi lagi. Tentunya, harus ada penguatan dari tanggul-tanggul yang ada,” jelasnya.

Ditambahkan, koordinasi tersebut juga akan membahas upaya normalisasi sungai dan tanggul, di beberapa daerah aliran sungai (DAS) lainnya.

“Kita rapatkan dulu. Kira-kira mana yang memang perlu segera diperbaiki. Yang pasti kan di Demak dan Grobogan. Grobogan itu parah juga, ada beberapa tanggul yang jebol,” beber Nana.

Sementara itu, penanganan pascabencana banjir yang sudah mulai dikerjakan adalah perbaikan sejumlah ruas jalan rusak akibat banjir oleh PUPR dan Pemerintah Provinsi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*