Diisukan Naik, Harga BBM 1 Maret Tidak Berubah

Ilustrasi SPBU Pertamina. (foto: mypertamina.id)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Pertmaina (Persero) belum melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada awal bulan ini, meski harga minyak dunia melambung tinggi. Kondisi ini sekaligus membantah adanya kenaikan harga BBM per 1 Maret 2024.

Dikutip dari laman mypertamina.id, Jumat (1/3/2024), harga BBM Pertamax di wilayah Jabodetabek masih dipatok Rp 12.950 per liter. Di wilayah yang sama, harga Pertamax Turbo juga masih dibanderol Rp 14.400 per liter.

Demikian juga dengan harga BBM Dexlite masih di harga Rp 14.550 per liter. Sementara Pertamina Dex tetap Rp 15.100 per liter.

Sementara itu untuk harga BBM penugasan atau sering disebut dengan BBM subsidi juga tidak mengalami perubahan. Harga BBM jenis Pertalite dan BioSolar tetap. Rinciannya, Pertalite tetap di harga Rp 10.000 per liter dan BioSolar di harga Rp 6.800 per liter.

Sebelumnya, Pertamina telah menahan kenaikan harga BBM non subsidi jelang Pemilu pada Februari 2024. Usai pemilu 2024, kemungkinan harga Pertamax cs bakal naik mengacu pada situasi yang ada saat ini.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tutuka Ariadji. Selain mengacu pada tren harga minyak dunia yang mulai melambung, situasi di kawasan Timur Tengah juga belum menentu.

“Kalau saya mencermati ya, itu memang harga minyak naik lagi. Itu kayaknya trennya mau ke sana, karena intensitas di Timur Tengah masih tinggi. Dampaknya sebenarnya tidak langsung, tapi karena mengganggu logistik, jadi akhirnya terpengaruh juga,” urainya di Kantor Lemigas Jakarta, Selasa (20/2/2024)

“Jadi memang perlu dicermati itu. Saya setuju perlu  dicermati, karena harga minyaknya cenderung naik terus,” ujar Tutuka.

Sebelumnya PT Pertamina Patra Niaga sempat menahan kenaikan harga Pertamax dkk pada Februari 2024 ini. Meskipun, sejumlah badan usaha (BU) Niaga lain telah menaikan harga BBM non subsidi di SPBU miliknya.

“Harga ini berlaku untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen,” ujar Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.

Dengan begitu, Pertamax masih dijual Rp 12.950 per liter, Pertamax Green 95 Rp 13.900 per liter, Pertamax Turbo Rp 14.400 per liter, Dexlite Rp 14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp 15.100 per liter

Beda halnya dengan SPBU swasta milik Shell Indonesia dan BP AKR yang kompak menaikan harga BBM per 1 Februari 2024. Shell Indonesia sendiri mengangkat harga BBM untuk seluruh produknya, baik untuk SPBU di Pulau Jawa maupun Sumatera Utara.

Ambil contoh Shell Super, yang naik Rp 150 dari Rp 13.390 per liter jadi Rp 13.540 per liter. Kemudian Shell V-Power yang naik Rp 200 di Pulau Jawa dan Sumatera Utara, dengan banderol harga berbeda. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*