BMKG Sebut Jawa Potensi Tinggi Bencana Banjir di Awal Ramadan, Jateng dan DIY Penyumbang Terbanyak

Ilustrasi Hujan Deras. (foto: indoraya.news)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa Pulau Jawa menjadi yang paling banyak wilayah rawan bencana banjir akibat curah hujan tinggi di awal Ramadan 2024. Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur menjadi penyumbang daerah terbanyak yang rawan bencana banjir.

Sebelumnya, BMKG telah memperingatkan potensi cuaca ekstrem, termasuk hujan lebat sedang-lebat yang disertai kilat/angin kencang, di sebagian wilayah Indonesia pada periode 8-14 Maret.

“Dengan analisis cuaca terkini serta mengamati perkembangan kondisi cuaca dalam sepekan ke depan, BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan secara signifikan,” kata BMKG dalam siaran persnya, Kamis (7/3/2024).

Perlu diwaspadai potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/angin kencang di wilayah Jabodetabek pada tanggal 8-14 Maret 2024,” lanjut keterangan tersebut.

BMKG menyampaikan kondisi cuaca ekstrem ini dipicu setidaknya tiga dinamika atmosfer, antara lain aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia.

Pada Prakiraan Daerah Potensi Banjir Dasarian II (sepuluh hari kedua) Maret, atau pekan pertama Ramadhan, BMKG mengungkap sejumlah daerah rawan bencana hidrometeorologi tersebut.

Tingkat potensi banjir ini dibagi tiga, yakni tinggi (merah), menengah (kuning), dan rendah (hijau). Pada peta potensi banjir ini, Jawa jadi yang paling banyak warna kuning dan hijau di antara pulau-pulau lain di Indonesia.

Satu-satunya daerah yang mendapat kategori potensi banjir tinggi di Jawa dan juga di Indonesia pada periode ini adalah Majalengka, Jawa Barat. Meski demikian, wilayah yang terbanyak menyumbang potensi banjir adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk lebih lengkapnya, potensi banjir tersebut bisa dilihat di sini.

Berikut daftar beberapa kota dan kecamatan di Jateng dan DIY yang terancam banjir menurut prakiraan BMKG:

  1. DIY (Potensi menengah) : Sleman, di Kecamatan Turi.

Potensi rendah (sebagian contoh): Bantul, di Kecamatan Bambanglipuro, Banguntapan, Bantul, Dlingo, Imogiri, Jetis, Kasihan, Kretek, Pajangan, Pandak, Piyungan, Pleret, Pundong, Sanden, Sedayu, Sewon, Srandakan.

  1. Jateng Potensi menengah (sebagian contoh)

Banjarnegara, di Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, Kalibening, Karangkobar, Mandiraja, Pejawaran, Sigaluh, Wanayasa.

Kota Semarang, di Kecamatan Mijen.

Potensi rendah (sebagian contoh): Klaten, di Kecamatan Bayat, Cawas, Ceper, Delanggu, Gantiwarno, Jatinom, Jogonalan, Juwiring, Kalikotes, Karanganom, Karangdowo, Karangnongko, Kebonarum, Klaten Selatan, Klaten Tengah, Klaten Utara, Manisrenggo, Ngawen, Pedan, Polanharjo, Prambanan, Trucuk, Tulung, Wedi, Wonosari.

Kota Semarang, di Kecamatan Banyumanik, Candisari, Gajah Mungkur, Gayamsari, Genuk, Gunung Pati, Mijen, Ngaliyan, Pedurungan, Semarang Barat, Semarang Selatan, Semarang Tengah, Semarang Timur, Semarang Utara, Tembalang, Tugu.

Kota Surakarta, di Kecamatan Banjarsari, Jebres, Laweyan, Pasar Kliwon, Serengan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*