Waspada! Nyeri Sendi Tak Selalu Asam Urat, Bisa Jadi Karena Penyakit Ini

Ilustrasi orang yang mengalami osteoartritis.(Foto: dok. Shutterstock)
Mari berbagi

NYERI sendi tidak selalu disebabkan oleh asam urat. Ada banyak kondisi medis atau penyakit yang dapat menyebabkan nyeri pada sendi, seperti arthritis, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, lupus, dan cedera fisik, di antara lain.

“Asam urat itu khas banget. Saking nyerinya istilahnya itu senggol bacok. Jangan coba disentuh deh. Ampun luar biasa sakitnya,” kata spesialis penyakit dalam dan konsultan reumatologi dr. Andi Raga Ginting dikutip dari Instagram pribadinya @andiragagt, Minggu (25/2/2024).

Gejala asam urat, dijelaskan dr. Andi, ditandai dengan serangan nyeri hebat, bengkak, kemerahan, dan nyeri tekan yang tiba-tiba dan parah pada satu sendi atau lebih. Kondisi ini paling sering terjadi pada jempol kaki.

“Biasanya sih sering muncul di ibu jari kaki, pergelangan kaki atau lutut. Sendinya bisa merah, bengkak dan panas,” jelasnya. “Tapi kalau nyerinya cuma pegel-pegel atau kaku, kita perlu pikirkan kemungkinan lain. Jadi sebelum kita langsung cap ini asam urat, penting banget untuk evaluasi lebih lanjut,” lanjutnya.

Selain itu, ada banyak kondisi lain yang bisa menyebabkan seseorang terkena nyeri sendi selain asam urat.

Berikut penyakit yang bisa menyebabkan nyeri sendi, dikutip dari tempo.co:

  1. Arthritis: Istilah umum untuk kondisi peradangan pada sendi, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kerusakan sendi, autoimunitas, dan peradangan.
  2. Osteoarthritis: Jenis arthritis paling umum, terjadi ketika kerusakan tulang rawan di sendi menyebabkan gesekan dan nyeri saat bergerak.
  3. Rheumatoid Arthritis: Penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sendi, menyebabkan peradangan, nyeri, dan kerusakan sendi.
  4. Lupus: Penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk sendi.
  5. Cedera fisik: Cedera pada sendi atau jaringan sekitarnya juga dapat menyebabkan nyeri sendi.
  6. Infeksi: Infeksi bakteri, virus, atau jamur dalam sendi juga dapat menyebabkan nyeri.
  7. Penyakit Lainnya: Ada banyak kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan nyeri sendi, seperti fibromyalgia, penyakit lyme, dan kondisi endokrin tertentu. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*